Tips Cara Menghilangkan Bintik Dan Flek Hitam

Sebelum saya membahas mengenai tips kecantikan tentang cara menghilangkan bintik dan flek hitam, ada baiknya untuk mengenal sedikit mengenai permasalahan kulit yang satu ini terlebih dahulu. Bintik hitam atau flek hitam yang kerap muncul di kulit, baik itu di wajah, leher, dada, punggung, maupun lengan, sebenarnya adalah peningkatan produksi sel yang disebut dengan melanosit. Penyebab munculnya bintik atau flek hitam sangat beragam mulai dari paparan sinar matahari, penuaan, menaupose, kehamilan, genetika, stres, kebiasaan merokok, kanker kulit, dermatitis, diabetes, kekurangan vitamin C dan B12, hingga karena perawatan kulit yang tidak tepat, dll.

cara menghilangkan bintik hitam di wajah
cara menghilangkan flek hitam di wajah

Walaupun sebenarnya tidak berbahaya, namun hal tersebut tentu membuat kulit terlihat jelek, jadi tidak heran jika banyak orang yang mencari cara untuk menghilangkannya, terutama cara menghilangkan bintik hitam di wajah, karena bagian itulah yang paling banyak mendapat perhatian. Selain dapat diatasi dengan menggunakan produk-produk komersil yang sebagiannya memakai bahan kimia, menghilangkan flek hitam di wajah juga dapat dilakukan secara alami. Cara berikut ini juga bisa sangat efektif jika dilakukan secara rutin dan teratur. Jadi tidak ada salahnya untuk dicoba.

Tips Menghilangkan Bintik dan Flek Hitam Secara Alami

  • Jus Lemon. Selain bermanfaat untuk menghaluskan kulit (lihat Tips Cara Menghaluskan Kulit Kasar Secara Alami), jus lemon adalah pemutih alami yang dapat membantu menyamarkan bintik hitam atau flek hitam pada kulit anda. Cukup oleskan jus lemon pada bagian kulit yang bermasalah, biarkan tidak lebih dari 30 menit, kemudian bilas bersih dengan air dingin. Bagi anda yang memiliki kulit sensitif, anda harus mengencerkan jus lemon dengan air, air mawar, atau air madu sebelum dioleskan ke kulit. Lakukan metode diatas 2 kali sehari, dan anda dapat melihat hasilnya setelah 2 bulan.
  • Yogurt. Selain baik untuk kesehatan tubuh, menggunakan yogurt juga merupakan cara mudah dan aman untuk menyingkirkan flek hitam secara alami. Anda dapat mengoleskan yogurt tawar (plain yogurt) langsung ke area kulit yang bermasalah, biarkan hingga mengering atau sekitar 20 menit, lalu bilas bersih menggunakan air dingin. Atau anda bisa mencampur 1 sdm yogurt tawar dengan 2 sdm oatmeal dan 1 sdt jus lemon. Aduk hingga benar-benar rata dan terapkan pada kulit anda, biarkan sekitar 30 menit, lalu bilas bersih dengan air dingin. Sebagai langkah terakhir, jangan lupa untuk memakai pelembab wajah.
  • Lidah buaya. Tumbuhan ini sudah dimanfaatkan untuk perawatan kulit selama ratusan tahun. Selain ampuh untuk menyembuhkan luka bakar, lidah buaya juga efektif untuk membantu menghilangkan bintik-bintik hitam pada kulit. Ambil gel yang terdapat pada bagian dalam daun lidah buaya, oleskan pada kulit anda, biarkan hingga kering atau sekitar setengah jam, lalu bersihkan dengan air dingin. Lakukan 2 kali sehari, dan anda dapat melihat perubahan yang positif dalam 1 bulan.
  • Kayu cendana. Cendana dikenal memiliki sifat sebagai agen anti penuaan dan antiseptik yang dapat mengatasi flek hitam pada kulit. Anda dapat mencampurkan sedikit bubuk cendana, air mawar, gliserin, dan jus lemon. Terapkan campuran tersebut pada kulit yang bermasalah, biarkan hingga kering secara alami, lalu bersihkan dengan menggunakan air dingin. Cara ini sangat efektif untuk melawan munculnya bintik-bintik hitam pada kulit yang diakibatkan oleh faktor penuaan. Untuk melengkapinya, anda bisa mengoleskan dan memijit kulit anda dengan minyak cendana setiap malam sebelum tidur, dan bersihkan keesokan harinya.
  • Pepaya. Buah yang juga diketahui ampuh untuk menghilangkan jerawat ini (lihat Tips Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat) memiliki kandungan enzim yang bermanfaat untuk membersihkan dan mencerahkan kulit. Parut pepaya mentah secukupnya, oleskan pada area kulit yang banyak terdapat flek hitam, biarkan tidak lebih dari 15 menit, lalu bersihkan dengan menggunakan air hangat. Anda dapat langsung melihat kulit anda tampak lebih bersih dan cerah setelahnya. Lakukan perawatan ini setiap hari hingga noda hitam pada kulit terlihat memudar. Perhatian bagi anda yang mungkin memiliki alergi terhadap buah pepaya, sebaiknya segera hentikan perawatan jika kulit anda mengalami reaksi alergi.
Sebagai kesimpulan dari tips cara menghilangkan bintik dan flek hitam diatas, diperlukan kesabaran jika anda ingin melihat hasilnya secara nyata. Noda hitam pada wajah atau bagian kulit tubuh lainnya tidak mungkin akan hilang hanya dalam hitungan hari. Setidaknya dibutuhkan waktu hingga 4 minggu untuk mengetahui efektifitasnya. Sebagai akhir kata saya ucapkan, selamat mencoba!
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Cara Menghilangkan Bintik Dan Flek Hitam