Cara Merawat dan Memlihara Kelinci

Kelinci bisa menjadi salah satu alternatif untuk anda semua yang mungkin sedang mencari hewan peliharaan. Karena kelinci termasuk hewan yang sangat unik, lucu dan juga sangat menarik dan yang pasti kelinci juga merupakan hewan yang sangat lucu dan menggemaskan dan tidak kalah sama kucing. Namun yang menjadi masalah adalah banyak yang mengeluh soal cara merawat dan memelihara kelinci dikarenakan biasanya kelinci yang dibeli banyak yang tidak bertahan lama. Apalgi jika dibeli saat kelinci tersebut masih kecil.

Cara Merawat dan Memlihara Kelinci
Cara Merawat dan Memlihara Kelinci


Kelinci juga termasuk hewan yang aman untuk dijadikan hewan bermain untuk mainan anak-anak dibandingkan dengan kucing karena kelinci tidak memiliki cakar seperti kucing yang tentunya bisa membahayakan. Sebenarnya beberapa orang memlihara kelinci dengan berbagai motif yang berbeda karena ada yang memlihara untuk sekedar dijadikan hewan peliharaan, namun ada juga yang merawat kelinci untuk dijadikan bisnis seperti memlihara kelinci hias atau juga memelihara untuk menjual dagingnya. Namun secara umum ada beberapa tips dan cara merawat dan memlihara kelinci.

Cara Merawat dan Memlihara Kelinci


Merawat Kandang (Bersihkan Kandang Kelinci Secara Teratur)
Kandang atau tempat tinggal kelinci dan juga hewan peliharaan lainnya tentu saja harus selalu dijaga kebersihannya. Karena jika tidak dirawat kebersihannya kandang tersebut bisa menjadi sarang berbagi kuman atau virus penyakit yang tentunya akan membuat kelinci kita mudah terkena penyakit. Apalagi kelinci sangat mudah sekali terkena jamur apalagi dibagian telinga dan juga hidungnya. Selain dijaga kebersihannya kandang juga harus ditaruh di tempat yang cukup terbuka supaya sinar matahari dapat masuk dan tidak lembab sehingga kelinci bebas dari jamur.

Perhatikan Ukuran Kandang
Ukuran kandang kelinci juga harus diperhatikan selain kebersihannya. Jika anda sedang mencari kandang untuk kelinci usahakan untuk mencari kandang yang memiliki ukuran minimal 50x50 cm. Selain itu juga siapkan tempat makan dan juga tempat minumnya dengan ketinggian yang cukup agar dapat diraih oleh kelinci dan juga agar tidak terinjak-injak sehingga air minumnya tetap bersih. 

Perhatikan Makanannya
Kelinci merupakan hewan yang suka mengkosumsi sayuran maupun umbi-umbian. Kelinci meyukai sayur seperti kangkung, wortel, daun ketela rambat, kol dan lain sebagainya. Jika anda memlihara kelinci yang masih kecil anda bisa memberinya makanan seperti daun sawi karena sayuran ini mengandung kadar air yang cukup tinggi sehingga anda tidak perlu memberikanya banyak minum. Banyak yang percaya kalau kelinci akan mati jika diberikan terlalu banyak air minum akan tetapi saya percaya setiap mahkluk hidup tentunya memerlukan air minum sehingga tidak perlu takut untuk memberikan banyak air minum.

Perhatikan Cara Memegang Kelinci
Sebagai hewan yang lucu dan menggemaskan tentunya kelinci sangat suka di pengang-pegang. Namun tahukah anda jika cara memegang kelinci sebenarnya tidak boleh sembarangan karena bisa berakibat kematian. Salah satunya adalah dengan mengangkat kelinci denga cara memegang telinganya. Hal seperti itu sangat umum dilakukan akan tetapi hal itu sebenarnya bisa berakibat kematian pada kelinci karena dengan mengangkat dengan memegang telinganya bisa membuat kelinci menjadi stres akibat ketakutan apalagi kelinci tersebut masih kecil.

Tips Merawat dan Memelihara Kelinci



  • Usahakan untuk tidak membeli kelinci yang masih kecil dengan umum sekitar 2 bulan, karena jika anda membeli kelinci dengan umur masih sekitar 2 bulan akan mengakibatkan kelinci tersebut mudah mati karena kekebalan tubuhnya masih rentan.
  • Harus lebih hati-hati dalam membeli kelinci di pinggir jalan maupun di pet shop. Karena biasanya kelinci yang dijual usianya masih kurang dari 2 bulan dan masalahnya juga kita sebagai pembeli tidak mengetahui pasti umur kelinci yang dijual tersebut. Untuk itulah haru berhati-hati.
  • Kelinci tetap membutuhkan minum seperti mahkluk hidup pada umumnya walaupun banyak yang mengatakan bahwa kelinci tidak membutuhkan banyak minum.
  • Walaupun kangkung merupakan makanan kesukaan kelinci akan tetapi sebetulnya kangkung tidak begitu baik buat kelinci dikarenakan kangkung merupakan tumbuhan yang menyimpan banyak gas yang dapat memberikan potensi gas yang yang tinggi dan dapat mengakibatkan air kencing bau amoniak.
  • Musim hujan bukanlah penyebab kematian kelinci seperti yang banyak dikatakan orang, yang membuat banyak kelinci mati saat musim hujan adalah kelembapan kandang dan juga kebersihannya. Karena pada saat musim hujan makan kandang akan menjadi lebih lembab sehingga akan membuat kelinci mudah terkena jamur yang bisa mengakibatkan kematian. Untuk itu perhatikan kandang kelinci anda pada saat memasuki musim hujan.
  • Kandang yang jorok dan kotor juga lembab akan mengakibatkan kudis atau budugen. Selain itu juga kuku kelinci yang sering menginjak kotoran dapat menularkan penyakit kudis tersebut ke telinga. Untuk itu sangat wajib untuk menjaga kebersihan kandang dan juga kuku kelinci tersebut sehingga bebas dari berbagai penyakit dengan dibersihkan dengan air hangat. 
  • Wortel sangat baik bagi kelinci yang masih kecil maupun yang sudah dewasa. Wortel memiliki gizi yang sangat tinggi sehingga akan sangat baik bagi kelinci apalagi yang masih anakan. Namun anda harus menghindari wortel yang kotor karena bisa jadi sudah tercemar berbagai penyakit.
  • Jangan membawa kelinci anda di dalam kardus karena kardus menimbulkan panas dan juga sumpek. Banyak sekali kejadian bahwa kelinci mati setelah beberapa hari di bawa pergi jauh dengan mengunakan kardus. Saat berada di dalam kardus kelinci akan merasa stress dan juga dehidrasi yang akan beruju kepada kematian.
Itulah beberapa tips cara merawat dan memelihara kelinci yang bisa saya bagiakan kepada anda semua. Yang penting yang harus diingat adalah kelinci juga merupakan mahkluk yang butuh kasih sayang jadi jangan lupa untuk memberikan kasih sayang disamping memberikan perawatan dan juga pemeliharaan yang baik. Baca juga artikel mengenai hobi lainya yaitu cara merangkai bunga mawar segar
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Merawat dan Memlihara Kelinci