Cara Cepat Dan Mudah Untuk Menambah Tinggi Badan

Tinggi badan merupakan faktor penting dalam kehidupan kita. Itu dapat meningkatkan rasa percaya diri, membantu dalam hubungan sosial atau mendapatkan pasangan, dsb. Masa pubertas adalah periode dimana anak laki-laki dan perempuan dapat tumbuh dengan cepat. Dan orang dewasa juga masih bisa untuk menambah tinggi antara 5 - 8 cm. Selain dengan mengkonsumsi makanan yang tepat, tidur teratur, dan melakukan olahraga, Cara Untuk - Terbaru akan menjabarkan secara lengkap bagaimana cara cepat tinggi yang dibenarkan oleh para ahli.

Tinggi badan seseorang sangat tergantung dari gen dan beberapa faktor lain. Dan walaupun banyak faktor yang menentukan tinggi badan anda berada di luar kemampuan anda, namun ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan tinggi badan yang anda inginkan. Saat fase pertumbuhan anda berhenti, maka tinggi badan anda akan tetap. Nah, sebelum masa tersebut berakhir, anda dapat melakukan teknik dan latihan lanjutan sebagai cara cepat menambah tinggi badan.

panduan tips cara cepat tinggi secara alami

Secara Mayoritas Tinggi Badan Ditentukan Oleh Genetika

Tinggi tubuh mungkin faktor yang diwariskan, yang berarti bahwa itu dipengaruhi oleh banyak gen berbeda-beda. Memiliki dua orang tua yang pendek belum tentu akan membuat anda pendek juga, pun ketika kedua orang tua anda tinggi, itu belum tentu akan membuat anda tumbuh menjulang. Namun jika sebagian besar keluarga dari kedua orang tua anda pendek, maka besar kemungkinannya jika anda juga akan menjadi pendek. Namun jangan berkecil hati dulu, faktanya, anda tidak akan pernah tahu akan setinggi apa tubuh anda nanti hingga benar-benar telah mencapai usia dewasa, yaitu pertengahan usia 20 (antara 24 hingga 26 tahun).

Cara Memperkirakan Tinggi Badan Anda
  • Tambahkan tinggi badan ibumu dengan tinggi ayah
  • Hasilnya ditambahkan 13 cm jika anda laki-laki, atau dikurangi 13 cm jika anda adalah seorang gadis
  • Lalu bagi dua
  • Hasilnya adalah perkiraan tinggi badan anda nantinya (+/- 10 cm)
Perhitungan ini tidaklah mutlak dan pasti, namun biasanya tidak akan berbeda jauh dengan tinggi anda nantinya.

Cara Mencegah dan Menghindari Faktor Penghambat Pertumbuhan

Tidak akan ada banyak hal yang dapat anda lakukan untuk menambah tinggi badan anda, namun anda bisa melakukan banyak langkah agar pertumbuhan tinggi badan alami anda tidak terhambat oleh faktor lingkungan. Obat-obatan dan alkohol adalah dua hal yang dianggap berkontribusi terhadap pertumbuhan yang kerdil jika dikonsumsi saat anda masih muda, dan penyakit defisiensi dapat mencegah anda mencapai tinggi yang seharusnya anda dapatkan.

Apakah kafein dapat menghambat pertumbuhan anda? Studi ilmiah menunjukkan tidak, kafein tidak menghambat pertumbuhan tinggi tubuh secara langsung. Hanya saja kafein dapat membuat anda selalu terjaga dan sulit untuk tidur nyenyak. Anak-anak dan remaja membutuhkan waktu tidur sekitar 9,5 jam, dan kafein bisa mengganggu kemungkinan anda untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Apakah merokok dapat menghambat pertumbuhan tinggi badan? Analisa terhadap seorang perokok dan perokok pasif pada indeks massa tubuh (BMI) tidak dapat disimpulkan. Menurut Columbia University's Web Health Resource: “analisis yang ada menunjukkan bahwa remaja yang merokok, atau menjadi perokok pasif (terkena imbas dari orang sekitar yang merokok) cenderung lebih pendek daripada orang yang tidak merokok atau anak-anak dari orang tua yang bukan perokok.”

Apakah steroid dapat menghambat pertumbuhan? Sangat sekali. Anabolic steroid dapat menghambat pertumbuhan tulang pada anak-anak dan remaja, juga menurunkan jumlah sperma, mengurangi ukuran payudara, meningkatkan tingkat stres, dan meningkatkan kemungkinan terkena gagal jantung. Anak-anak dan remaja yang menderita penyakit pernapasan dan menggunakan inhaler (yang mengeluarkan dosis kecil steroid dalam tubuh) umumnya setengah inci lebih pendek dibandingkan dengan anak-anak lain yang tidak menggunakannya.

hal yang membuat anda tidak bisa tinggi

Cara Agar Cepat Tinggi

Dapatkan Tidur Yang Cukup

Analisa menunjukkan bahwa remaja dan pra-remaja yang sedang tumbuh membutuhkan waktu tidur antara 8 hingga 11 jam setiap malamnya. Karena efek dari pertumbuhan tinggi tubuh anda, jaringan perlu untuk beregenerasi, dan ini terjadi saat anda sedang beristirahat. Ciptakan suasana yang nyaman, hindari suara bising, juga cahaya yang terlalu terang. Jika anda merasa sulit untuk tidur, cobalah untuk mandi air hangat atau minum secangkir teh herbal sebelum tidur.

Tidur yang cukup merupakan salah satu faktor penting sebagai cara menambah tinggi badan dengan cepat, karena saat kita tertidur lelap, produksi hormon pertumbuhan (HGH) yang diproduksi secara alami dalam kelenjar hipofisis akan semakin meningkat. Untuk kasus tertentu, HGH dapat disuntikkan ke dalam darah di bawah pengawasan ketat seorang dokter yang berwenang. Krim, bubuk, pil, atau suntikan HGH tanpa resep medis kemungkinan besar akan memiliki efek samping. Konsultasikan dengan dokter anda sebelum memulai pengobatan HGH.

Makanan Yang Membantu Meningkatkan Tinggi Badan

Satu lagi cara menambah tinggi badan secara cepat, yaitu memastikan bahwa tubuh anda memperoleh semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk dapat tumbuh tinggi secara maksimal. Konsumsi suplemen yang sesuai untuk usia anda haruslah dilakukan saat sarapan setiap paginya.
  • Konsumsi banyak kalori, karena itu akan memberikan energi pada tubuh untuk tumbuh.
  • Konsumsi banyak kalsium (bisa didapatkan dari produk-produk pertanian dan sayuran hijau). Kalsium mendorong pertumbuhan tulang dan dapat mencegah terjadinya osteoporosis.
  • Dapatkan cukup vitamin D (bisa diperoleh dari ikan, jamur, dan berjemur dibawah sinar matahari pagi). Vitamin D sangat membantu pertumbuhan pada anak-anak, terutama untuk tulang dan otot, kekurangan zat ini akan menghambat pertumbuhan. Jika anda tidak suka ikan, maka konsumsilah suplemen minyak ikan murni.
  • Makan banyak protein (bisa didapat dari daging, telur, kacang-kacangan, atau dadih). Protein memberikan bangunan penting bagi tubuh untuk tumbuh tinggi. Dapatkan minimal dari 2 sumber protein setiap harinya untuk kualitas yang prima.
  • Tingkatkan asupan seng / zinc (dapat diperoleh dari coklat, kacang tanah, telur, kacang polong, ataupun suplemen). Kekurangan zat ini dapat membuat pertumbuhan yang kerdil pada anak-anak. Cara terbaik untuk memastikan tubuh anda mendapatkan cukup zinc adalah dengan mengkonsumsi vitamin atau suplemen yang mengandung zinc.
  • Makan secara teratur. Anda harus makan tiga kali setiap hari, dengan sedikit tambahan makanan ringan (camilan) diantara ke-tiga waktu makan tersebut. Usahakan menetapkan jadwal dan selalu makan sesuai jadwal yang anda buat.
Jaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat. Beberapa penyakit anak-anak dapat menghambat pertumbuhan. Sebagian besar bisa dihindari dengan imunisasi rutin saat bayi, namun tetaplah berada di sisi yang aman dengan mengkonsumsi banyak vitamin C (bisa didapatkan dalam buah jeruk, kiwi, strawberi, dll), juga banyak-banyak istirahat sesegera mungkin jika anda merasa akan sakit.

Cobalah untuk menghindari makanan olahan, makanan dengan kandungan lemak tinggi, dan makanan yang terhidrogenasi. Makan berbagai jenis makanan sehat. Ikan salmon salah satu pilihan yang sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh anda tetap kuat. Makan berbagai buah-buahan, macam-macam sayuran, biji-bijian, dan sumber protein seperti susu, keju, kacang-kacangan, dan ikan. Semua hal diatas sangatlah penting sebagai cara cepat dan mudah untuk menambah tinggi badan anda secara alami.

Selanjutnya baca Cara Supaya Cepat Tinggi
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Cepat Dan Mudah Untuk Menambah Tinggi Badan