Tips Cara Merawat Dan Mengatasi Rambut Kering

Jika memiliki rambut berminyak dikatakan sebagai suatu masalah, maka memiliki rambut kering dapat anda sebut sebagai bencana! Karena istilah 'bad hair day' pasti akan lebih sering dialami oleh mereka yang memiliki rambut kering dan mengembang. Dan sebelum membahas lebih jauh mengenai cara merawat rambut kering, ada baiknya anda mengetahui mengenai penyebab rambut kering terlebih dahulu. Hal ini nantinya akan sangat membantu anda dalam memilih cara perawatan rambut yang paling cocok berdasarkan hal yang menyebabkan kondisi rambut kering dan bercabang anda.

cara merawat rambut kering, kusam, dan rusak
perawatan rambut kering, kusam, dan rusak
Para pakar sepakat jika terdapat 2 faktor yang bisa mengakibatkan rambut seseorang menjadi kering dan kusam. Yang pertama adalah faktor eksternal seperti cara keramas dan memakai shampo yang salah, penggunaan produk-produk penataan rambut yang keras, terlalu sering menggunakan hairdryer dan catok rambut, terlalu banyak terkena sinar matahari dan angin, dll. Sedangkan yang kedua adalah faktor internal seperti kekurangan gizi, sakit yang berkepanjangan, penggunaan obat-obatan tertentu, dll. Dengan mengetahui ini, maka tugas anda dalam merawat dan mengatasi rambut kering dan pecah-pecah akan menjadi lebih mudah.

Perawatan Rambut Kering Termudah

  • Jangan terlalu sering mencuci rambut. Aneka shampo yang dijual di pasaran seringkali mengandung bahan yang keras dan dapat menghilangkan lapisan minyak alami pada rambut yang berfungsi untuk menjaga kelembaban. Jadwal yang disarankan untuk mencuci rambut adalah 3 hari sekali, dengan menggunakan shampo untuk rambut kering yang memiliki pH antara 4,5 hingga 6,7.
  • Perlakukan rambut dengan baik. Jenis rambut kering adalah tipe yang paling rapuh dan rentan terhadap kerusakan. Karena itu, anda harus memperlakukannya dengan lembut dan hati-hati. Jangan menggosok rambut dengan keras saat anda melakukan keramas, apalagi jika menggunakan kuku, hal ini justru akan membuat rambut menjadi mudah patah. Gosok rambut dengan lembut dan gunakan ujung-ujung jari untuk memijit kulit kepala agar dapat merangsang kelenjar minyak.
  • Gunakan kondisioner. Memakai kondisioner setelah keramas adalah hal wajib bagi anda yang memiliki rambut kering. Namun penting bagi anda untuk memilih kondisioner yang sedikit atau tidak mengandung alkohol sama sekali, karena itu dapat meyebabkan rambut menjadi kering. Anda dapat membaca label pada botol kondisioner, atau mengikuti tips sederhana berikut ini. Cukup buka tutup botol dan cium aromanya, kondisioner yang memiliki sedikit aroma atau tanpa aroma sama sekali biasanya rendah kandungan alkohol atau bebas alkohol.
  • Lakukan terapi minyak panas. Banyak pakar rambut yang menyarankan kepada mereka yang mempunyai rambut kering dan rusak untuk melakukan terapi minyak panas. Ada banyak pilihan perawatan 'hot oil' yang bisa anda beli dengan mudah di pasaran. Ikuti saja petunjuk dan panduan yang sudah tertera dalam kemasan.
  • Telur. Tidak hanya bermanfaat untuk menebalkan rambut (lihat Tips Cara Menebalkan Rambut Secara Alami), telur juga dapat digunakan untuk mengatasi rambut kering dan membuatnya berkilau alami. Untuk mengobati rambut kering dan rusak yang kondisinya cukup parah, campur 3 butir telur dengan 2 sendok makan minyak zaitun atau safflower dan 1 sendok teh cuka. Aduk bahan-bahan tersebut hingga benar-benar tercampur merata. Oleskan ke rambut secara merata, tutup rambut dengan topi mandi, biarkan selama 30 menit. Lalu selanjutnya anda bisa melakukan keramas seperti biasa.

Cara Mengatasi Rambut Kering

  • Potong rambut secara teratur. Tekstur rambut kering pastinya sangat rapuh dan mudah pecah-pecah di bagian ujungnya, karena itu anda harus memotong bagian rambut yang bercabang tersebut secara rutin. Potong 3-4 mm diatas pangkal rambut yang pecah tersebut.
  • Berhenti menggunakan alat penataan rambut yang menggunakan pemanas, seperti hairdryer dan catok rambut. Anda harus memastikan rambut yang baru dipotong tersebut untuk pulih kesehatannya terlebih dahulu. Perlakukan rambut anda dengan lembut sebisa mungkin.
  • Jika anda memang terpaksa harus mengeriting atau meluruskan rambut anda, maka gunakan metode yang paling aman seperti memakai rol rambut atau pembungkus rambut. Gunakan fitur angin dingin saat memakai hairdryer karena ini jauh lebih alami bagi rambut anda.
  • Jangan pernah mewarnai rambut anda, karena akan semakin membuat rambut kering anda menjadi rusak. Proses pewarnaan rambut pastilah menggunakan bahan kimia yang akan sangat merusak rambut. Selain dapat membuat rambut semakin mengembang, hal tersebut juga bisa menyebabkan kerontokan dan kebotakan.
  • Perawatan deep conditioning yang dimaksudkan untuk mengembalikan kelembaban pada rambut anda diperbolehkan selama dilakukan secara tepat.

Beberapa tips cara merawat dan mengatasi rambut kering diatas mungkin terlihat cukup sederhana, namun jika anda dapat mengikuti semua metode tadi dengan baik, saya jamin tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama untuk membuat rambut kering, kusam, dan rusak yang anda miliki menjadi sehat dan indah kembali. Selamat mencoba!
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Cara Merawat Dan Mengatasi Rambut Kering