Tips Cara Mengatasi Dan Mengobati Diare

Masalah diare dapat terjadi ketika sistem pencernaan tidak dapat berfungsi dengan baik, hal ini mengakibatkan seseorang akan sering buang air besar. Nah, sebelum masuk ke pokok pembahasan mengenai tips cara mengatasi dan mengobati diare, tips kesehatan ingin mengajak anda mengetahui tentang penyebab diare terlebih dahulu. Penyebab utama dari masalah ini diketahui adalah infeksi virus pada sistem pencernaan. Namun walaupun begitu, diare juga dapat muncul karena keracunan makanan serta karena terlalu banyak mengkonsumsi kafein atau alkohol.

cara mengatasi dan mengobati diare
cara menyembuhkan diare dengan cepat

Kondisi penyakit diare bisa mulai dari ringan, sedang, hingga kronis. Dan biasanya diperlukan waktu antara 2 sampai 4 hari hingga gejala diare yang dialami seseorang dapat teratasi, namun ini juga tergantung dari tingkat keparahannya. Selain dengan mengkonsumsi obat-obatan komersil yang banyak beredar di pasaran, anda dapat menanggulangi diare dengan resep alami dan tradisional yang diturunkan nenek moyang kita.

Langkah Alami Menyembuhkan Masalah Diare

  • Gantikan cairan yang hilang. Ini adalah hal pertama yang wajib untuk dilakukan. Ketika seseorang terserang diare, dia akan sering buang air besar yang kondisinya encer. Ini akan menguras cadangan cairan pada tubuh, sehingga harus digantikan dengan cepat agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Air kelapa muda, larutan oralit, dan sport drink tanpa kafein adalah tiga macam cairan yang sangat disarankan.
  • Jahe. Selain bermanfaat untuk menghangatkan badan dan membantu menghilangkan sakit kepala (lihat Tips Cara Cepat Menghilangkan Sakit Kepala) dengan merelaksasi pembuluh darah di kepala, umbi-umbian ini juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah keracunan makanan dan kram serta nyeri perut. Anda bisa minum air jahe hangat 2 hingga 3 gelas sehari untuk membantu mengatasi diare yang anda alami. Untuk menambah efeknya, campurkan 1-2 sdm madu murni dalam 1 gelas air jahe anda.
  • Beras merah. Anda bisa mengolahnya untuk dijadikan bubur. Beras merah diketahui mengandung vitamin B yang efektif untuk mengatasi berbagai gejala diare. Buatlah bubur yang lembut dari beras merah, dan konsumsi bubur tersebut bersamaan dengan buah pisang. Manfaatnya, bubur beras merah akan membantu menyerap dan mengeluarkan racun dari sistem pencernaan anda, sedangkan pektin yang terkandung dalam buah pisang akan menyerap kelebihan air dalam usus besar.
  • Wortel. Selain buah pisang, sumber makanan lain yang juga tinggi akan kandungan pektin adalah wortel. Anda bisa membuat jus segar dari wortel dan meminumnya 2 hingga 3 kali sehari untuk membantu mengganti vitamin dan mineral yang hilang akibat diare. Untuk menambah khasiat dan rasanya, anda bisa menambahkan sedikit madu.
  • Cuka apel. Anda tentu sudah tahu jika cuka apel memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh dan perawatan kecantikan secara umum. Salah satu khasiat dari cuka apel ini adalah untuk membantu mengobati masalah diare. Cara menggunakannya juga sangat mudah. Anda cukup mencampurkan 1 sdt cuka apel dalam segelas air putih, minum larutan tersebut setiap anda selesai makan. Lakukan terus hingga masalah diare reda atau berhenti.
Berbagai cara menghilangkan dan mengobati diare diatas akan memiliki efek yang berbeda-beda pada setiap orang tergantung dari intensitas dan faktor penyebabnya. Jika dalam waktu 1 minggu gejala yang anda alami tidak juga membaik, maka anda harus segera menemui dokter untuk menjalani pemeriksaan yang lebih dalam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Cara Mengatasi Dan Mengobati Diare