Tips Cara Cepat Menghilangkan Sakit Kepala

Sakit kepala adalah masalah kesehatan umum yang dialami oleh banyak orang. Karena itu, sebelum berbicara lebih jauh mengenai tips cara cepat menghilangkan sakit kepala, ada baiknya anda mengenal sedikit mengenai masalah ini. Seperti anda ketahui, sakit kepala bisa diderita oleh siapa saja, dan tidak peduli dari kelompok umur mana saja. Penyebabnya juga bisa sangat bervariasi mulai dari stres, ketegangan, sinus, migrain, kurang tidur, hingga dehidrasi dan lain-lain. Jadi perkara menghilangkan sakit kepala bukan hanya sekedar minum obat dan semuanya menjadi beres.

tips cara menghilangkan sakit kepala dengan cepat
tips menghilangkan sakit kepala

Selain dapat menjadi sangat mengganggu karena menyebabkan rasa sakit yang tak tertahankan, sakit kepala juga bisa membuat anda merasa mual, bahkan kadang-kadang hingga muntah. Ini juga yang menjadi salah satu alasan mengapa di pasaran banyak beredar obat penghilang sakit kepala berbagai merek. Namun selain itu, sebenarnya ada cara menghilangkan sakit kepala tanpa obat yang juga diketahui sangat ampuh. Tips kesehatan kali ini sangat efektif, terutama jika sakit yang anda alami disebabkan oleh hal-hal yang sifatnya dapat dikatakan sederhana.

Cara Alami Menghilangkan Sakit Kepala Dengan Cepat

  • Air. Jika sakit kepala yang anda alami disebabkan oleh dehidrasi, maka cara yang paling ampuh untuk mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi sejumlah besar air. Cukup minum segelas air ketika anda mulai merasakan gejala sakit kepala, dan selanjutnya anda dapat menambahnya sepanjang hari. Begitu tubuh sudah terhidrasi dengan baik, maka sakit kepala akan mereda dengan sendirinya. Selain itu, anda juga bisa mengkonsumsi minuman olahraga, karena elektrolit yang terkandung di dalamnya sangat ampuh untuk mengatasi ketegangan.
  • Kompres es. Cara ini sangat efektif jika sakit kepala yang anda alami disebabkan oleh stres ataupun sinus. Kompres dahi anda dengan waslap dingin (telah direndam dalam air es) selama 10 menit, kemudian angkat, tunggu beberapa saat dan ulangi lagi. Kompres dingin dapat membantu untuk mengerutkan pembuluh darah, menormalkan sirkulasi darah, dan mematikan rasa sakit. Pada gilirannya ini dapat dengan cepat menghilangkan sakit kepala yang anda alami.
  • Kompres panas. Ini juga cara yang sangat efektif untuk meredakan sakit kepala yang disebabkan oleh stres dan ketegangan. Kompres bagian tengkuk anda dengan waslap yang telah direndam dalam air panas. Hal ini akan membantu melemaskan otot-otot yang tegang dan melancarkan aliran darah. Selain dengan mengompres, anda juga bisa berendam dengan air panas dalam bathtub. Sirkulasi darah yang meningkat akan membantu menghilangkan sakit kepala dengan cepat.
  • Daun sirih. Daun ini punya sifat mendinginkan dan analgesik yang ampuh untuk mengatasi sakit kepala secara alami hanya dalam beberapa menit. Cukup ambil 2 hingga 3 lembar daun sirih segar, lalu lumatkan dengan penggiling dan tempelkan pada dahi serta kedua sisi kepala anda. Biarkan selama setengah jam dan anda akan merasakan jika sakit kepala anda sudah reda.
  • Jahe. Air jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan sakit kepala dengan cepat. Jahe akan bekerja dengan merelaksasi pembuluh darah yang ada di kepala, mengurangi pembengkakan di otak, dan mengaktifkan opiat alami pada otak untuk membantu mengatasi sakit kepala yang disebabkan oleh ketegangan. Segera konsumsi air jahe hangat ketika anda merasakan gejala sakit kepala mulai menyerang.
  • Kayu manis. Cara ini sangat ampuh jika sakit kepala yang anda alami disebabkan oleh paparan udara dingin. Buat pasta tebal dengan mencampurkan bubuk kayu manis dengan sedikit air. Setelah itu baringkan tubuh anda dan oleskan pasta kayu manis sepanjang dahi. Biarkan selama setengah jam, dan setelah sakit kepala mulai reda, anda dapat membersihkannya dengan air hangat.
Jadi, saat lain kali anda mengalami sakit kepala, cobalah untuk menggunakan cara menghilangkan sakit kepala seperti yang dijelaskan diatas. Jangan buru-buru untuk selalu mengkonsumsi obat sakit kepala, kecuali memang dalam keadaan terdesak dan anda tidak sedang berada di rumah. Selamat mencoba!
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Cara Cepat Menghilangkan Sakit Kepala