Cara Cepat Belajar Bermain Pianika Untuk Pemula

Cara Cepat Belajar Bermain Pianika Untuk Pemula - Setelah kemarin memberikan tips tentang cara cepat bermain gitar dan juga cara cepat bermain biola, kali ini saya akan membarikan sebuah tips mudah yang masih berhubungan dengan alat musik. Kali ini kita akan belajar bagaimana cara mudah untuk belajar bermain pianika dengan cepat. 
Cara Cepat Belajar Bermain Pianika Untuk Pemula
Cara Cepat Belajar Bermain Pianika Untuk Pemula

Pianika merupakan sebuah alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup melalui pipa lentur yang dihubungkan ke mulut dan pianika. Banyak juga yang menyebut pianika sebagai harmonica tapi besar atau orang barat menyebutnya dengan sebutan melodyca. Pianika juga memiliki komponen yang mirip sekali dengan piano. Bagi kalangan remaja atau biasanya anak SMP, alat musik ini cukup populer karena banyak masuk dalam kurikulum pelajaran musik SMP.

Secara umum pianika yang memiliki komponen mirip dengan piano ini juga cara memainkannya hampir sama dengan piano. Namun yang sedikit membedakannya adalah jika piano ditekan tutsnya maka akan langsung mengeluarkan suara atau nada sedangkan pianika harus ditiup dulu lalu ditekan agar dapat mengeluarkan suara atau nada.

Cara Bermain Pianika Untuk Pemula

Pada saat memainkan pianika, kamu harus benar-benar memperhatikan jari kamu. Karena masing-masing jari memiliki fungsi untuk menekan tuts yang berbeda-beda. Selain itu juga, kamu harus berkonsentrasi untuk mencegah pikiran antara menekan tuts dan juga tetap meniup dengan baik dan juga benar.

Painika juga termasuk alat musik meledis sehingga penggunaanya juga kebanyakan untuk mengalunkan sebuah melodys bukan sebagai rytem. Dalam memainkan alat musik pianika dapat digunakan untuk memainkan melodi pokok dan kontra melody. Adapun fungsi tuts yang ada pada pianika.


  1. Tuts putih berfungsi untuk memainkan nada-nada poko/asli
  2. Tuts hitam berfungsi untuk memainkan nada-nada kronis


Langkah - langkah dalam memainkan pianika :

  • Tangan kiri digunakan untuk memegang pianika dan tangan kanan digunakan untuk menekan tuts pianika sedangkan mulut minup pipa pianika.
  • Usahakan agar jari kamu lemas biar bisa leluasa saat memainkan pianika, selain itu juga setiap jari tangan kanan harus mempunyai tugas satu-persatu untuk menekan tuts-tuts tertentu.
  • Belajar untu mengolah teknik pernapasan. Lalu usahakan juga sekaligus untuk menghirup atau mengeluarkan nafas secara serentak. Dengan begitu akan mendapat pernapasan yang baik dan juga menghasilkan suara yang lemah dan juga lembut.
Adapun posisi jari tangan saat memainkan pianika

Cara Cepat Belajar Bermain Pianika Untuk Pemula
Cara Cepat Belajar Bermain Pianika Untuk Pemula

  1. Ibu jari sebagai jari nomor 1
  2. Jari telunjuk sebagai jari nomor 2
  3. Jari tengah sebagai jari nomor 3
  4. Jari manis sebagai jari nomor 4
  5. Jari kelingking sebagai jari nomor 5

Selain beberapa tips di atas tentunya juga dibutuhkan latihan yang rajin karena tanpa sering mengulangi latihan maka akan susah untuk bisa belajar bermain pianika dengan cepat. Itu saja tips mengenai cara cepat belajar bermain pianika untuk pemula yang bisa saya bagikan semoga bermanfaat ya. 
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Cepat Belajar Bermain Pianika Untuk Pemula

0 komentar:

Poskan Komentar