Cara Untuk Memilih Gitar Akustik yang Bagus


Bagi anda yang sedang bingung atau sedang memiliki rencana untuk membeli gitar akustik, tentunya anda harus mempersiapkan beberapa hal yang nantinya akan berpengaruh dengan gitar akustik yang akan anda beli atau pilih. Cara untuk memilih gitar akustik yang bagus sebenarnya susah - susah gampang karena ada beberapa indikator yang dapat anda gunakan sebagai pertimbangan untuk membeli sebuah gitar akustik. Dengan begitu diharapkan anda mendapatkan sebuah gitar yang tentunya sangat cocok bagi anda sendiri karena kebutuhan setiap orang akan gitarnya tentunya berbeda - beda. Untuk itulah mengapa sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara untuk memilih gitar akustik yang bagus.

Cara Memilih Gitar Akustik yang Bagus


1. Budget atau Ketersediaan Dana
Sebelum kita memikirkan akan membeli gitar dengan merek apa, atau membeli gitar dengan model seperti apa dan juga dengan spesifikasi yang seperti apa, tentunya yang kita butuhkan terlebih dahulu adalah ketersediaan budget. Dengan mengetahui seberapa banyak budget yang kita miliki tentunya hal itu akan membuat kita dapat mengira-ngira gitar mana yang mampu atau dapat kita beli.

2. Kemampuan Skill - Pemula atau Advance
Hal kedua yang harus kita perhatikan saat akan membeli sebuah gitar akustik adalah sejau mana kemampuan atau skill kita dalam memainkan sebuah gitar. Jika anda adalah orang yang baru belajar memainkan sebuah gitar akustik yang mana membutuhkan gitar guna keperluan untuk belajar, tentunya anda tidak perlu membeli sebuah gitar dengan harga yang sangat mahal dan juga dengan spesifikasi yang sangat tinggi. Anda dapat membeli gitar dengan level menengah ke bawah dan hal itu tentunya berbeda dengan mereka yang memang sudah memiliki skill cukup tinggi yang tentunya sangat membutuhkan gitar dengan spek yang tinggi guna keperluan manggung mereka. Jadi wajar jika mereka membeli gitar dengan spek yang lebih bagus dari anda yang masih pemula.

3. Tujuan Penggunaan Gitar
Hal yang ke tiga yang harus diperhatikan dalam memilih sebuah gitar adalah tujuan dari penggunaan gitar itu sendiri. Jika anda membeli sebuah gitar guna keperluan bermain dengan band atau untuk tampil pada pentas-pentas publik tentunya berbeda dengan yang membeli gitar untuk keperluan bermain sendiri di rumah. 

4. Model Design Gitar
Menentukan model design mulai dari body dan juga neck tentunya sangat penting. Karena setiap orang memiliki peniliaian yang berbeda-beda mengenai model body sebuah gitar. Yang terpenting dalam memilih sebuah body gitar adalah pilihlah yang sesuai dengan ukuran badan anda sehingga anda menjadi nyaman saat memainkan gitar tersebut. Ada gitar yang memiliki size body agak besar dan juga ada yang memiliki size kecil, untuk itulah anda harus dapat memilih body yang sesuai. Setelah itu jangan lupa juga memilih neck yang pas dengan jari-jari anda agar anda menjadi lebih nyaman dalam memainkan gitar, karena jika anda memilih gitar dengan neck yang cukup lebar, maka anda akan kesulitan dalam memainkan gitar. Untuk itu pilihlah neck yang sesuai dengan ukuran jari anda.

Cara Untuk Memilih Gitar Akustik yang Bagus
Model Design Gitar

5. Memilih Senar Gitar (nylon vs steel)
Memilih Senar gitar juga menjadi gitar untuk gitar akustik yang akan anda beli. Ada dua jenis senar gitar yang ada untuk gitar akustik yaitu senar nylon dan juga senar steel. Senar nelon jauh lebih lembut dan sangat nyaman di tangan dan senar model ini sangat cocok bagi anda yang senang memainkan lagu-lagu klasik karena dengan bermain lagu klasik yang menggunakan fingerstyle tentunya akan menjadi sangat nyaman karena senar nylon sangat lembut untuk dimainkan. Hal ini berbeda dengan senar steel atau kawat yang tentunya lebih keras akan tetapi memiliki suara yang lebih garing dan juga renyah. Senar model steel ini kurang cocok untuk memainkan lagu - lagu klasik ya walaupun tidak ada aturan dimana senar nylon hanya untuk memainkan lagu klasik dan senar steel tidak. Jadi tergantung anda saja menyukai senar model nylon atau steel.

Cara Untuk Memilih Gitar Akustik yang Bagus
Memilih senar GItar

6. Bahan Gitar
Hal berikutnya yang menjadi penting dalam memilih sebuah gitar akustik adalah bahan yang digunakan untuk membuat gitar itu sendiri. Karena bahan kayu yang digunakan dalam pembuatan gitar akustik akan menentukan suara yang akan dihasilkan. Ada banyak sekali bahan kayu pembuat gitar seperti koa, mahogany, alder, ebony, basswood dan masih banyak lagi lainya. Untuk lebih jelasnya anda dapat melihat tabel di bawah ini untuk melihat jenis kayu dan juga suara yang dihasilkanya.

Cara Untuk Memilih Gitar Akustik yang Bagus
Bahan Gitar

7. Mengetes Suara Gitar
Mengetes suara gitar tentunya sangat penting karena hal yang paling penting dari sebuah gitar adalah suara yang dihasilkan. Anda bisa mengecek suara nada gitar pada setiap freet yang anda. Anda dapat mengetes suara gitar dengan menggunakan tone.

Cara Untuk Memilih Gitar Akustik yang Bagus
Mengetes Suara Gitar

8. Mengecek Fisik Gitar
Hal terakhir yang harus anda lakukan untuk memilih gitar yang bagus adalah fisik dari gitar itu sendiri. Anda harus mengecek setiap detail dari fisik gitar yang akan anda beli pastikan tidak ada lecet atau rusak pada gitar tersebut. Pastikan neck dari gitar tersebut lurus dan tidak bengkok. Anda juga dapat melihat tips cara untuk memilih gitar akustik yang bagus pada video di bawah ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Untuk Memilih Gitar Akustik yang Bagus