Tips Cara Menghilangkan Bau Kaki di Sepatu

Seperti halnya bau badan dan juga bau mulut, bau kaki merupakan salah satu penyebab orang menjadi tidak percaya diri. Bau kaki tentunya sangat mengganggu apalagi bagi mereka yang memiliki pekerjaan yang mengharuskan sering bertemu dengan banyak orang. Bau kaki akan sangat mengganggu dan sama halnya dengan bau mulut dan juga bau badan, orang yang menderita bau tersebut biasanya tidak menyadari jika dirinya mengeluarkan bau yang tidak sedap. Bau kaki juga biasanya menjalar ke sepatu yang digunakan, sehingga tidak heran jika orang yang kakinya bau biasanya sepatu yang digunakan juga menjadi bau. Ada berbagai tips cara menghilangkan bau kaki di sepatu dari yang hanya direndam atau dicuci dengan air sampai yang direndam menggunakan baking soda ataupun kopi. 

Penyebab Bau Kaki


Ada dua hal yang dapat menyebabkan kaki menjadi bau yaitu karena bromhidrosis dan hiperdrosis. Bromhidrosis merupakan bakteri yang ada ditubuh yang memang memproduksi bau. Sedangkan hiperdrosis adalah produksi keringat berlebih. Pada kaki setiap orang terdapat sekitar lebih dari 250.000 kelenjar keringan yang mana memproduksi 570ml keringat setiap harinya. Apabila bakteri dan kelenjar keringat tersebut bertemu dan menjadi satu maka akan menghasilkan zat yang disebut dengan Isoveleric Acid yang mana Isoverlic Acid tersebut merupakan zat yang berbau tidak sedap. Kedua hal tersebut jika ditambah dengan kebiasaan yang kurang bersih makan akan membuat bau kaki semakin menjadi. Misalnya saja jarang mengganti kaos kaki dan juga mencuci sepatu yang sering digunakan, maka tidak heran jika kaki akan mudah sekali menjadi bau dan juga sepatu dan juga kaos kaki yang digunakan akan menjadi bau juga. 


tips cara dan mencegah bau kaki di sepatu
Tips cara menghilangkan bau kaki di Sepatu

Cara Menghilangkan Bau Kaki


Ada banyak sekali cara menghilangkan bau kaki dan kali ini akan dibahas satu persatu mengenai cara menghilangkan bau kaki tersebut.
1. Rendam Kaki di Dalam Air Campuran Baking Soda
Cara yang pertama untuk menghilangkan bau kaki adalah dengan merendam kaki di dalam air yang sudah dicampur dengan baking soda. Cara ini dapat anda lakukan saat anda memiliki waktu luang. Sebenarnya fungsi dari baking soda sendiri bukanlah untuk mengurangi kadar keringat yang keluar dari kaki, akan tetapi baking soda disini berfungsi untuk mengurangi atau meminimalisisr jumlah bakteri yang menyebabkan bau pada kaki. Akan tetapi jika anda tidak memiliki banyak waktu untuk sekedar merendam kaki anda maka anda dapat menggunakan air campuran baking soda tersebut untuk mencuci kaki anda.

2. Gunakan Kaos Kaki yang Berbahan Dasar Katun
Mengapa harus yang berbahan dasar katun? Karena kaos kaki yang dibuat dari bahan dasar katun akan dapat menyerap keringat di kaki anda lebih banyak dibandingkan dengan bahan kain yang lain. Makanya tidak heran jika ada baju maupun kaos kaki yang dibuat dari bahan dasar katun memiliki harga yang lebih mahal dari kain biasa. Hal ini wajar dan sebanding karena katun akan lebih kuat menyerap keringat anda, jadi tidak anda tidak perlu merasa rugi jika membeli kaos kaki dengan bahan katun dengan harga yang lebih mahal.

3. Menggunakan Obat Kumur
Cara yang ketiga adalah dengan menggunakan obat kumur. Obat kumur sendiri memiliki fungsi untuk menyegarkan mulut dan juga menghilangkan bau mulut akibat bakteri yang menempel di dalam mulut. Nah penggunaan obat kumur sebagai penghilang bakteri penyebab bau mulut ini dapat difungsikan untuk menghilangkan bakteri penyebab bau kaki yang terdapat pada kaki. Cara untuk menggunakanya cukup mudah yaitu dengan cara merendam kaki pada air yang sudah dicampur dengan menggunakan obat kumur. Saat anda merendam kaki anda maka obat kumur akan bekerja untuk menghilangkan bakteri penyebab bau kaki sehingga akan sangat membantu dalam mengatasi bau kaki anda.

4. Lumuri Kaki Menggunakan Tepung Maizena
Tepung maizena juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bau yang tidak sedap pada kaki. Untuk menggunakan tips ini sangatlah mudah yaitu dengan melumuri kaki menggunakan tepung maizena. Sebelum melumuri kaki anda pastikan terlebih dahulu bahwa kaki anda sudah dalam keadaan kering lalu baluri kaki anda menggunakan tepung maizena ke seluruh permukaan kaki hingga merata.

5. Selipkan Kertas Pengering ke dalam Sepatu
Cara yang ke lima yang dapat anda gunakan untuk menghilangkan bau kaki anda adalah dengan menyelipkan kertas pengering ke dalam sepatu. Mungkin cara ini terlihat sedikit agak aneh dan juga pastinya agak merepotkan juga, akan tetpi cara ini juga cukup efektif untuk dapat mengurangi bau kaki anda. Cukup dengan memasukan selembar kertas pengering lalu kertas tersebut akan dapat menyerap bau busuk yang dikeluarkan oleh keringat dan juga sepatu. Selain itu juga kertas pengering ini memiliki fungsi lainya yaitu untuk menjaga sepatu tetap fresh dan juga berbau segar.

6. Gunakan Sabun Anti Bakteri
Sekarang ini sudah banyak sekali produk yang menjual sabun anti bakteri yang tentunya juga dapat digunakan untuk membersihkan kaki dari keringat dan juga bakteri penyebab bau kaki. 

7. Rendam Kaki Menggunakan Perasan Air Jeruk Lemon
Salah satu cara alami untuk menghilangkan bau kaki adalah dengan merendam kaki pada air perasan jeruk lemon. Untuk dapat mempraktekkan cara dan tips ini adalah dengan menyiapkan baskom yang berisikan cukup air lalu kemudian peras air jeruk lemon atau jeruk nipis. Setelah itu aduk sebentar lalu rendam kaki anda selama kurang lebih 15-25 menit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda dapat menggunakan tips ini 2 - 3 kali dalam sehari.

8. Gunakan Sabun Jerawat dengan Kandungan 10 persen Benzoil Peroksida
Seperti yang telah diulas di atas mengenai penyebab bau kaki yang salah satunya adalah karena bakteri. Tentunya untuk dapat menghilangkan bau kaki tersebut salah satu caranya adalah dengan membasmi atau memerangi bakteri-bakteri tersebut. Untuk itu ada cara sederhana untuk dapat menghilangkan bekteri-bakteri tersebut yaitu dengan menggunakan sabun jerawat yang memiliki kandungan 10 persen benzoil peroksida. Senyawa tersebut akan bekerja dan menghilangkan bakteri penyebab bau kaki secara perlahan.

9. Taburi Kaki Menggunakan Rendaman Kopi
Banyak yang sering menyarankan untuk menaburi kopi hitam untuk menghilangkan bau yang menyengat. Nah cara ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau kaki yang cukup menyengat tersebut. Caranya mudah cukup dengan taburi kopi hitam bubuk pada kaki anda secara merat lalu diamkan selama 10 - 15 menit dan setelah itu bersihkan hingga bersih.

Cara Menghilangkan Bau Kaki Di Sepatu

1. Bersihkan Sepatu Seminggu Sekali
Minimal sepatu yang sering digunakan harus dicuci seminggu sekali. Anda dapat mencucinya dengan mencucinya atupun hanya dibersihkan dari debu dan kotoran. Setelah itu sepatu dapat di angin-anginkan terlebih dahulu lalu taruh lagi di dalam tempat penyimpanan. Untuk menjaga sepatu anda agar tidak cepat pudar maka jangan terlalu sering menjemur sepatu anda langsung di bawah sinar matahari karena hal tersebut dapat mengakibatkan sepatu menjadi cepat pudar.

2. Gunakan Disinfektan
Cara yang kedua yaitu gunakan disinfektan atau pewangi sepatu ke dalam luabang sepatu. Dengan begitu maka akan membunuh bakteri yang bersarang di sepatu dan menimbulkan bau tidak sedap.

3. Gunakan Baking Soda
Sama halnya dengan menghilangkan bau pada kaki, untuk menghilangkan bau pada sepatu juga dapat menggunakan baking soda. Cara menggunakanya yaitu dengan menaburkan baking soda ke dalam sepatu setiap malam hari. Dan pada besok hari tinggal dibersihkan saja bubuk baking soda tersebut. Selain itu juga anda dapat menyemprotkan alkohol ke dalam sepatu anda untuk dapat menghilangkan bau pada sepatu anda.

4. Berikan Sirkulasi Udara Pada Sepatu
Sepatu juga memerlukan sirkulasi udara yang baik, untuk itu caranya dengan melepaskan seluruh tali sepatu kemudian keluarkan alas sepatu untuk di angin-anginkan.


Cara Mencegah Bau Kaki 

Setelah mengetahui bagaimana cara menghilangkan bau kaki dan juga bau yang ada di sepatu maka akan lebih  baik anda mengetahui bagaimana cara mencegah bau kaki. Karena ada pepatah yang mengatakan bahwa mencegah itu lebih baik dari pada mengobati.

  • Jangan menggunakan sapatu maupun kaos kaki yang masih basah maupun lembab,
  • Rutin membersihkan dan mecuci sepatu dan juga kaos kaki yang sering anda gunakan sehari-hari.
  • Selalu cuci kaki sebelum dan setelah menggunakan sepatu agar kaki anda tetap steril dari virus dan juga kuman
  • Simpan sepatu di tempat yang kering dan juga sejuk agar tidak lembab.
  • Jika sepatu terkena hujan jangan langsung digunakan keesokan harinya, jemur hingga benar-benar kering dulu baru dapat digunakan lagi.

Itu adalah beberapa tips cara menghilangkan bau kaki di sepatu dan juga cara menceganya. Sebenarnya masih banyak sekali cara untuk dapat mengatasi bau kaki, akan tetapi beberapa tips dan juga cara di atas sepertinya sudah cukup untuk dapat memberikan info tentang bagaimana mengatasi masalah pada bau kaki. Bau kaki mungkin bukan sebuah hal yang membahayakan akan tetapi bau kaki juga dapat mempengaruhi beberapa hal disekitar kita, untuk itu sangat disarankan untuk dapat memperhatikan bau kaki anda. Semoga semua tips cara menghilangkan bau kaki di sepatu dan cara mencegahnya bisa bermanfaat bagi kita semua.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Cara Menghilangkan Bau Kaki di Sepatu