Tips Cara Merawat Kuku Tangan Dan Kaki

Kali ini saya ingin membahas mengenai bagian yang cukup penting dari tubuh kita yang sepertinya seringkali diabaikan, yaitu bagaimana cara merawat kuku agar tetap sehat dan kuat. Kita mengandalkan kuku untuk mengupas buah ataupun membuka tutup kaleng. Mungkin terkesan sedehana, namun sebenarnya itu adalah hal yang besar, karena faktanya kuku kita terbuat dari jenis protein yang sama dengan rambut. Kuku kita terbuat dari protein yang disebut keratin, protein yang juga menjadi bagian dari mata kita.

panduan merawat kuku tangan dan kaki

Setiap kuku terdiri dari enam bagian. Pertama adalah lipatan kuku, yaitu punggung kulit di sekitar kuku. Bagian kedua yaitu yang biasa kita sebut sebagai kuku (tangan ataupun kaki), adalah lempeng kuku. Di bawah lempeng kuku adalah kasur kuku, yang bertugas menutrisi kuku. Sedangkan bentuk setengah lingkaran yang berada di dasar kuku disebut dengan lunula. Itu merupakan bagian dari matriks kuku yang ada di dasar setiap kuku, meskipun anda tidak bisa melihatnya. Matriks kuku berada bawah kutikula, yaitu lipatan kulit yang terbuat dari sel-sel mati yang membuat bakteri tidak dapat masuk. Fungsi matriks kuku adalah membuat sel-sel yang dibutuhkan kuku untuk dapat tumbuh.

Kuku adalah protein yang sedikit agak rumit, dan jika kita mengabaikannya, maka kemungkinan besar akan muncul masalah. Yang paling umum sering dikeluhkan adalah masalah kuku rapuh, mudah terkena infeksi atau kita mudah sekali merusaknya. Tips kesehatan dan kecantikan kali ini akan mengajarkan bagaimana cara merawat kuku secara alami sendiri di rumah, jadi anda tidak perlu bergantung pada mani-pedi. Cukup ikuti perawatan dasar ini, maka jari-jari dan kuku anda (tangan maupun kaki) akan selalu terlihat sehat dan indah.

Pengobatan Untuk Kuku Rapuh dan Mudah Patah

Kuku rapuh yang mudah bengkok, terkelupas, dan mudah patah adalah keluhan yang umum.

Kuku rapuh bisa terjadi karena kuku yang terlalu kering ataupun kuku yang terlalu lembut. Karena itu, para ahli seringkali memberikan 2 rekomendasi untuk perawatan kuku rapuh, yaitu mengoleskan pelembab ringan setiap hari dan menghindari bahan kimia.

Menerapkan pelembab pada kuku dan kutikula akan membantu mengunci air dalam kuku, yang mana ini baik untuk kekuatan dan kesehatan kuku. Selain menjaga kuku tetap terhidrasi, para ahli menyarankan untuk menghindari bahan kimia, termasuk produk pembersih dan makanan asam, seperti lemon dan jeruk. Menggunakan sarung tangan saat membersihkan perabot dengan pembersih adalah salah satu cara merawat kuku tangan yang disarankan, sarung tangan berbahan vinil digunakan untuk pekerjaan basah dan bahan kapas untuk pekerjaan kering.

Cara Melembabkan Kuku Yang Benar
Menjaga kuku tetap lembab tidaklah sama dengan membuat kuku selalu basah. Dimana hal-hal buruk justru akan terjadi ketika kuku terlalu lama terkena air (misalnya, di dalam sepatu berkeringat), karena kuku yang terlalu lembab akan menarik bakteri.
Mencegah Cedera Pada Kuku
Kuku tangan ataupun kuku kaki anda berfungsi untuk membantu mencegah cedera pada jari anda, sehingga tidak heran jika suatu saat mereka akan terluka (seperti terkena palu atau lainnya). Cedera pada kuku dapat menyebabkan memar, infeksi, dan terkadang dapat menghambat pertumbuhan kuku.
Menjaga kuku tetap pendek dapat membantu mencegah cedera pada kuku anda, seperti kuku terkelupas atau terkoyak. Dan walaupun anda tidak bisa selalu mencegah kecelakaan seperti jari yang terjepit pintu ataupun laci, anda dapat mengurangi resiko trauma pada kuku dengan sedikit akal sehat, yaitu “Jangan gunakan kuku anda seolah-olah mereka adalah alat!”

Apa yang anda ketahui tentang pertumbuhan kuku?
Berikut adalah beberapa fakta tentang kuku anda: Kuku tangan tumbuh lebih cepat daripada kuku kaki. Kuku jari tangan tumbuh sekitar seperdelapan inci setiap bulan. Kuku juga tumbuh lebih cepat pada tangan dominan anda, terutama pada kuku jari tengah dan jari manis (jari terpanjang anda).

Mengenai Infeksi Jamur Pada Kuku

Meskipun jamur dan bakteri sama berbahayanya untuk kuku tangan dan kaki, namun kemungkinan besar infeksi jamur lebih mudah berkembang pada kuku kaki daripada kuku tangan. Hal ini umumnya karena jamur yang menyebabkan infeksi pada kuku dapat berkembang dengan cepat dalam suhu yang hangat dan tempat-tempat lembab, seperti di dalam kaus kaki anda.

Karena itu, untuk mencegah infeksi jamur menyerang kuku kaki anda, jaga semua kuku dan kutikula tetap bersih dan kering dengan menggunakan scrub baking soda, dan obati kuku yang tumbuh ke dalam (melingkar) dengan merendamnya di air asin agar tetap bersih dan bebas infeksi. Itu adalah cara merawat kuku kaki yang harus rutin anda lakukan.

Jika terdapat tanda-tanda adanya infeksi jamur pada kuku kaki, maka obat antijamur topikal yang mengandung clotrimazole atau miconazole dapat membantu untuk mengatasinya. Namun bila infeksi masuk ke dalam atau di bawah kuku, maka anda mungkin perlu resep obat yang lebih kuat untuk mengobatinya.

Tips Memotong Kuku
Mencari cara yang lebih mudah untuk memotong kuku anda? Rendam kuku anda dalam larutan air asin hangat selama 5 sampai 10 menit, setelah itu anda bisa langsung memotongnya.

Suplemen Yang Bermanfaat Bagi Kuku

Apakah ada vitamin atau suplemen yang dapat membuat kuku menjadi kuat dan sehat? Walaupun bukan pil ajaib, beberapa penelitian telah membuktikan bahwa vitamin biotin dapat membantu membuat kuku lebih tebal, keras, dan sekaligus lebih kuat. Bagi orang-orang dengan kuku rapuh dan kuku yang tipis, ini adalah yang anda butuhkan. Cara termudah untuk meningkatkan asupan biotin anda adalah dengan suplemen, namun makanan yang kita makan setiap hari juga banyak yang kaya akan vitamin B, seperti ikan salmon, wortel, hingga pisang.

Selain itu, maka belum ada bukti ilmiah yang menyatakan jika ada vitamin atau suplemen lain yang bermanfaat untuk menambah kekuatan dan kesehatan kuku. Seperti halnya klaim yang mengatakan bahwa merendam kuku dalam gelatin akan meningkatkan kekuatan dan mempercepat tumbuh panjangnya kuku, itu hanyalah mitos.

Tips Melakukan Manikur-Pedikur
Jadilah cerdas dengan perawatan kosmetik untuk kuku anda. Hindari pemakaian kuteks dan produk kuku lainnya yang mengandung formalin (formaldehyde), hindari lem yang biasa digunakan untuk menempelkan kuku palsu, dan hindari atau kurangi penggunaan produk yang mengandung aseton, seperti produk-produk penghilang (penghapus) kuteks. Semua hal tersebut dapat menyebabkan kekeringan, iritasi, dan juga reaksi alergi pada beberapa orang. Terakhir, hindari memotong kutikula anda, karena hal ini akan membuka pintu masuk untuk bakteri dan terjadinya infeksi.

Bagaimana? Tidak sulit bukan untuk memiliki kuku yang sehat, kuat, dan indah? Anda hanya perlu merawatnya secara rutin dan memperlakukannya dengan baik. Semoga penjelasan mengenai tips cara merawat kuku tangan dan kaki yang saya sampaikan diatas dapat bermanfaat bagi anda semua!
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Cara Merawat Kuku Tangan Dan Kaki