Tips Sehat Menjalankan Puasa Ramadhan

Ibadah puasa adalah sebuah kewajiban bagi kaum muslimin seluruh dunia saat memasuki bulan Ramadhan. Dan karena hanya tinggal hitungan hari, tips kesehatan yang saya bagikan kali ini khusus mengenai tips puasa ramadhan. Namun sebelum membahas lebih jauh mengenai ini, anda perlu mengetahui jika ilmu kedokteran modern sudah membuktikan bila puasa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan puasa dikatakan dapat membantu pengobatan beberapa penyakit berat seperti tumor dan kanker. Karena itu, sepertinya tidak ada alasan bagi anda kaum muslimin untuk tidak menjalankan ibadah wajib yang satu ini, kecuali memang ada keadaan darurat yang dibenarkan secara medis.

tips agar tetap fit dan sehat selama puasa

Biasanya permasalahan umum yang dialami oleh kebanyakan orang saat menjalankan puasa adalah menurunnya produktifitas kerja karena badan terasa lemas, lesu, dan mudah mengantuk. Kondisi ini biasanya dialami pada beberapa hari pertama, dimana tubuh kita memang sedang dalam tahap penyesuaian. Namun begitu, tidak sedikit pula yang tetap merasakan lesu dan lemah walaupun sudah memasuki 1 minggu puasa. Dan ini diketahui seringkali karena kebiasaan yang salah saat makan sahur maupun saat berbuka puasa. Lalu seperti apa tips sehat saat puasa yang penting untuk diketahui?

Tips Makan Sahur Yang Baik Dan Sehat

  • Sangat disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan-makanan yang memiliki kandungan serat yang tinggi seperti beras merah, sayuran, dan buah-buahan. Tubuh memerlukan waktu yang lebih lama dalam mencerna serat, dan ini akan membantu anda merasa kenyang lebih lama.
  • Perbanyak minum air putih. Ini dapat anda lakukan mulai dari malam hari hingga saat sahur. Hal ini sangat penting karena dapat menunjang kinerja seluruh organ di tubuh anda selama menjalani puasa dari terbit fajar hingga matahari terbenam.
  • Pilih menu diet yang sehat dan banyak mengandung vitamin, terutama vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Komposisi makanan dengan gizi lengkap dan tinggi vitamin akan membuat tubuh anda tetap fit sepanjang hari walaupun sedang berpuasa. Ini bisa diperoleh dari konsumsi buah-buahan yang berwarna kuning dan merah, sayuran yang berwarna hijau tua, dan kacang-kacangan.
  • Bagi anda yang memiliki masalah dengan lambung, hindari konsumsi ketan, mie instan, daging berlemak tinggi, ikan dan daging yang diawetkan, minuman bersoda, bumbu bersifat tajam (cabai, asam, cuka), dan sayuran mentah (lalapan). Makanan-makanan tersebut diketahui dapat menimbulkan gas lebih banyak, dan ini akan memicu produksi asam lambung yang berlebih.

Tips Berbuka Puasa Yang Sehat

  • Agar lambung anda tidak kaget dan perut anda tidak menjadi kembung, maka hindari minum air es saat berbuka puasa. Minum air putih biasa, lalu lanjutkan dengan makanan ringan yang mudah dicerna dan dapat mengembalikan energi tubuh dengan cepat.
  • Kurma adalah pilihan terbaik karena gula alaminya sangat cepat dicerna oleh tubuh, namun tidak membuat gula darah melonjak secara drastis. Selain itu, dunia medis juga telah menyatakan buah kurma sebagai ‘makanan super’ dengan kandungan gizi paling lengkap dan hampir sempurna. Jika tidak tersedia, maka pilihan lain yang juga baik adalah buah apel, pir, semangka, dan melon.
  • Hindari buah-buahan yang mengandung enzim pencernaan dan asam yang tinggi seperti pepaya, jeruk, dan nanas untuk berbuka puasa. Hindari pula untuk langsung menyantap makanan berat seperti nasi dan lauk-pauknya. Mengkonsumsi makanan berat dapat dilakukan setelah anda menjalankan sholat maghrib. Hal ini untuk memberikan waktu penyesuaian bagi lambung anda yang kosong seharian penuh.
  • Menu buka puasa yang sehat sebenarnya tidak jauh berbeda dengan menu makan sehat sehari-hari. Anda tetap harus mengkonsumsi karbohidrat, protein, vitamin-vitamin, dan berbagai mineral. Yang penting untuk diperhatikan adalah bagaimana anda mengatur cara mengkonsumsinya. Jangan karena hanya telah berpuasa seharian, maka anda lalu ‘menghajar’ semua makanan yang tersedia saat waktu berbuka.
  • Makan secukupnya saat berbuka puasa, jangan terlalu berlebihan. Selain untuk menjaga lambung dan organ pencernaan tetap sehat, ini juga mencegah anda agar tidak mengantuk dan tidak merasa malas menjalankan ibadah sholat tarawih.
  • Anda boleh makan berat lagi setelah sholat tarawih, dan jangan lupa untuk memperbanyak konsumsi air putih. Yang terakhir, usahakan tidur lebih awal agar tubuh anda bisa menyimpan energi secara maksimal yang akan sangat berguna keesokkan harinya.
Itulah tadi beberapa hal penting seputar tips sehat menjalankan puasa ramadhan. Jika dapat diikuti, maka puasa tidak lagi menjadi alasan menurunnya produktifitas kerja. Karena sesungguhnya puasa memang memberikan banyak keuntungan bagi kesehatan kita. Selamat berpuasa!!!!
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Sehat Menjalankan Puasa Ramadhan