Cara Merawat Rambut Rontok Pada Wanita

Rambut yang lepas dari kulit kepala atau istilahnya ‘rambut rontok’ adalah sebuah kewajaran yang dialami oleh siapa saja. Faktanya, kita semua mengalami kerontokan rambut setiap hari, dan hingga 100 helai rambut per-hari masihlah sebuah hal yang normal. Namun walaupun begitu, beberapa kasus rambut rontok menjadi hal yang lebih serius, khususnya yang dialami oleh wanita yang berusia dibawah 40 tahun. Inilah alasan mengapa saya mencoba membagikan tips kecantikan mengenai cara merawat rambut rontok, khususnya bagi kaum wanita. Karena seperti halnya saya yang sangat peduli dengan keindahan rambut yang saya miliki, saya yakin anda juga tentu seperti itu.

tips mengatasi rambut rontok pada wanita

Beberapa faktor umum yang dianggap paling berperan membuat wanita mengalami penipisan rambut diketahui seringkali dipicu oleh kejadian yang mempengaruhi kejiwaan dan hormon, seperti siklus menstruasi, kehamilan, maupun keguguran. Dan jika saat ini anda merasa mengalami kerontokan rambut yang lebih banyak dari biasanya, janganlah terlalu panik secara berlebihan. Beberapa ahli kecantikan mengatakan jika kebanyakan hal ini hanyalah bersifat sementara, yang merupakan manifestasi dari faktor fisik ataupun emosional yang sedang anda alami.

Penyebab Terjadinya Rambut Rontok

Rambut rontok diketahui adalah merupakan hasil suatu kondisi kulit yang tidak menular. Tingkatnya mulai dari yang ringan dimana penipisan rambut mulai dialami, hingga ke kondisi parah dimana seseorang mengalami kerontokan rambut total, baik di kulit kepala maupun kulit tubuh lainnya. Pada wanita, penyebab rambut rontok yang paling umum adalah karena terjadinya kehamilan, dan biasanya akan berhenti dengan sendirinya setelah 1 - 4 bulan setelah melahirkan. Penyebab kerontokan rambut lainnya yang juga dapat berperan antara lain yaitu gizi buruk, memiliki gangguan makan, konsumsi obat-obatan, dan stres.

Menurut Ahli Pengobatan Tradisional Cina
Rambut rontok yang dialami oleh wanita adalah hasil dari pola kehidupan modern. Mereka mengatakan jika hal ini membuat para wanita memiliki tingkat stres yang sama dengan kaum pria, dan akibatnya adalah kerontokan rambut yang mereka alami. Selain itu, pola diet salah (yang memberikan efek yo-yo), konsumsi pil kontrasepsi, bahan kimia dalam air minum, dan penggunaan pestisida modern pada makanan juga merupakan faktor yang bertanggung jawab terhadap masalah rambut rontok pada wanita.

Menurut Ahli Nutrisi
Asupan gizi yang rendah atau buruk dapat terlihat pada rambut. Akar rambut yang menancap di kulit kepala haruslah mendapat pasokan darah yang kaya akan nutrisi untuk menunjang kesehatannya. Dan rambut rontok dapat menjadi indikasi kurangnya asupan mineral yang dikonsumsi, khususnya mineral zinc (seng), kalsium, natrium, selenium, dan kalium.

Menurut Dokter Kulit
Melakukan diet yang “ngawur” seringkali menyebabkan seseorang mengalami kekurangan zat besi, contohnya seperti menghindari konsumsi daging merah. Inilah alasan mengapa para vegetarian atau vegan yang biasanya memiliki asupan vitamin B12 dan seng yang rendah cenderung lebih rentan terhadap masalah kerontokan rambut. Selain itu, penelitian terbaru juga menunjukkan jika masalah penipisan rambut sangat terkait dengan progestogen, dimana bentuk sintetis dari hormon ini biasanya terdapat pada pil KB.

Cara Mengobati Rambut Rontok

Setiap praktisi kesehatan maupun kecantikan memiliki teorinya sendiri mengenai cara terbaik untuk mengobati kerontokan rambut. Dan walaupun tingkat keberhasilan pada masing-masing individu adalah berbeda, sebagian besar wanita mengalami kesuksesan membuat rambut mereka lebat kembali dengan pengobatan yang tepat. Kuncinya adalah kesigapan dan pengetahuan dasar anda mengenai masalah ini. Semakin cepat anda menyadari, semakin cepat anda mencari solusi atau berkonsultasi dengan para pakar, maka semakin cepat pula masalah rambut rontok dapat tertangani sebelum menjadi terlalu parah.

Mitos Dan Fakta Mengenai Rambut Rontok
  • Mitos : rambut rontok diwariskan dari garis keturunan ayah
  • Fakta : gen kedua orang tua memberikan kontribusi terhadap masalah rambut rontok
  • Mitos : rambut rontok membuat siklus menstruasi wanita menjadi tidak normal
  • Fakta : siklus menstruasi tidak terpengaruh oleh masalah rambut rontok, justru sebaliknya
  • Mitos : mewarnai rambut, memakai hair spray, dan keramas dapat meningkatkan kerontokan rambut
  • Fakta : styling dan penataan rambut bukan penyebab rambut rontok
  • Mitos : rambut rontok hanya dialami oleh wanita berusia diatas 50 tahun
  • Fakta : 50% wanita yang berusia antara 18 – 40 tahun mengalami masalah rambut rontok

Menurut Ahli Pengobatan Tradisional Cina
Para praktisi pengobatan tradisional Cina percaya jika akupuntur dan akupresur dapat menstimulasi meridian (titik energi) yang akan mendorong sirkulasi darah di sekitar folikel rambut. Sedangkan untuk meredakan gejala kekeringan, kemerahan, dan iritasi, krim yang terbuat dari ramuan herbal Cina dapat dioleskan diatas kulit kepala. Biasanya mereka akan membuat ramuan yang berbeda-beda disesuaikan dengan kondisi dari masing-masing pasien.

Menurut Ahli Nutrisi
Perbanyak asupan seng yang bisa didapatkan dari daging merah dan tiram, magnesium yang bisa didapatkan dari berbagai sayuran hijau, dan vitamin C yang bisa didapatkan dari buah-buahan segar. Pola diet mediteranian yang kaya akan asam lemak esensial, yaitu campuran mineral dan asam amino penting yang membentuk keratin (protein berserat dan kuat yang membentuk kuku serta rambut) sangatlah dianjurkan. Jangan lupa untuk perbanyak konsumsi air putih, Manfaat Air Putih mengatakan jika ini sangat baik untuk membuang racun pada tubuh sebelum menumpuk terlalu banyak.

Menurut Dokter Kulit
Rubah pola diet anda menjadi lebih baik dan teratur. Jangan pernah melakukan diet yang hanya memberikan efek yo-yo. Dan bagi yang melakukan pola makan vegetarian, sebaiknya mencari sumber lain yang dapat memasok asupan zat besi bagi tubuh. Sedangkan untuk kasus kerontokan rambut yang lebih serius terkait penggunaan steroid, obat-obatan, dan terapi sinar ultraviolet, dokter kulit menyarankan untuk melakukan pemerikasaan lebih mendalam sebelum menentukan jenis pengobatan yang paling sesuai.

Terlepas dari metode apa yang anda pilih sebagai cara untuk mengatasi masalah rambut rontok yang anda alami, memahami dan memperkirakan faktor penyebab dapat dikatakan sebagai kunci dari keberhasilan anda. Semoga artikel cara merawat rambut rontok pada wanita ini memberikan pemahaman yang cukup bagi anda.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Merawat Rambut Rontok Pada Wanita