15 Cara Terbaik Untuk Mencegah Jerawat

Apa anda sedang mengalami masalah dengan jerawat? Jika iya, maka artikel sebelumnya yang membahas tentang cara menghilangkan jerawat dalam blog Cara Untuk – Terbaru ini mungkin  dapat sangat membantu anda. Kali ini saya ingin membahas kelanjutan dari topik tersebut, yaitu mengenai cara mencegah jerawat agar tidak muncul kembali. Saya rasa ini adalah hal yang tidak kalah penting, karena anda tentu tidak ingin waktu, tenaga, dan biaya yang telah anda keluarkan untuk mengatasi masalah jerawat menjadi percuma, karena jerawat baru terus bermunculan menghiasi kulit anda. Sangat menyebalkan!!!

Bagi anda yang sebelumnya jarang memiliki masalah dengan jerawat, maka kemunculan jerawat seringkali terjadi karena perubahan yang anda lakukan dalam rutinitas keseharian anda. Contoh sederhananya adalah ketika anda mulai memakai sabun, sampo, krim wajah, atau deterjen yang berbeda dari biasanya. Sedangkan bagi anda yang telah berhasil mengatasi masalah jerawat yang tentunya sangat mengganggu, maka sangat penting bagi anda untuk memahami penjelasan yang akan saya jabarkan berikut ini. Karena pada dasarnya tidak dibutuhkan usaha yang sangat luar biasa ataupun biaya yang besar untuk menghindari kemunculan jerawat. Kecuali jika kondisi jerawat anda termasuk ‘luar biasa’ dimana hormon dan gen sangat berperan, maka panduan ini akan sangat berguna bagi anda.

cara untuk mencegah kemunculan jerawat

Tips Mencegah Jerawat Muncul Kembali

1. Pilih Makeup Yang Tepat
Make up yang anda gunakan dan seberapa banyak anda menggunakannya memiliki dampak yang signifikan pada kesehatan kulit anda. Jika kulit anda rentan dengan jerawat, maka cari produk kosmetik dengan label “non-comedogenic”. Produk kosmetik ini khusus dirancang agar tidak menyumbat pori-pori kulit, dimana telah anda ketahui bahwa pori-pori yang tersumbat adalah salah satu penyebab utama munculnya jerawat.

2. Ganti Sarung Bantal Anda Setiap Minggu
Lupakan krim anti jerawat berharga mahal yang anda beli setiap bulan, karena mengganti sarung bantal secara rutin adalah metode yang telah terbukti ampuh untuk mencegah munculnya jerawat. Keringat, kotoran, dan make up dari wajah anda dapat terserap ke bantal anda setiap malam. Jika anda tidak mengganti sarung bantal anda secara berkala, maka itu sama saja dengan membiarkan wajah anda menempel di atas kumpulan keringat dan kotoran selama 8 jam setiap harinya.

3. Jaga Kelembaban Wajah
Jika anda menggunakan produk anti jerawat untuk mengendalikan kemunculan jerawat (sebagian besar dari anda saya yakin menggunaknnya), maka sangat penting untuk menjaga kelembaban dari wajah anda. Pelembab menjadi komponen kunci karena sebagian besar produk anti jerawat mengandung bahan-bahan yang membuat kulit menjadi kering. Pastikan untuk menghidrasi kulit anda dengan air terlebih dahulu sebelum mengoleskan pelembab.

4. Perhatikan Sampo Yang Anda Gunakan
Jika anda merasa masalah jerawat semakin menjadi setelah anda menggunakan sampo yang berbeda, maka sebaiknya periksa sampo anda. Sampo serta kondisioner rambut yang terlalu banyak menggunakan pewangi dan bahan kimia dapat mengiritasi kulit anda, menyebabkan munculnya jerawat di dahi, rahang, leher, dan punggung. Pertimbangkan untuk menggunakan produk “non-fragrance” atau produk berbahan herbal, dan pastikan pula untuk membilas sampo hingga benar-benar bersih ketika anda melakukan keramas.

5. Berhenti Menyentuh Wajah Anda
Ini adalah hal sederhana yang sering diabaikan atau sangat sulit untuk dilakukan. Menyentuh atau mengusap kulit wajah adalah kebiasaan bagi banyak orang, khususnya ketika sedang dalam keadaan santai (seperti  saat menonton tv, atau ketika waktu istirahat di kantor dan sekolah). Kebiasaan yang seringkali dilakukan tanpa sadar ini adalah hal yang buruk bagi kecantikan kulit anda. Tangan dapat menjadi sarang berbagai kuman karena bersentuhan dengan banyak benda, dan ini akan menyebabkan iritasi pada kulit wajah anda serta memicu munculnya jerawat. Jika memang kebiasaan menyentuh-nyentuh kulit wajah sangat susah untuk dihilangkan, maka pastikan untuk menjaga tangan anda tetap dalam keadaan bersih.

6. Periksa Deterjen Yang Anda Pakai
Sama seperti halnya sampo, deterjen bisa menjadi penyebab dari kemunculan jerawat. Jika anda mengalami masalah jerawat lebih sering dari biasanya, maka coba perhatikan deterjen yang anda pakai. Khususnya deterjen yang anda gunakan untuk mencuci handuk yang anda pakai untuk mengeringkan wajah. Cobalah ganti dengan deterjen yang tidak terlalu banyak mengandung wewangian, lalu perhatikan apakah masalah jerawat anda menjadi berkurang atau memudar.

7. Jangan Berlebihan Ketika Berdandan
Mungkin akan terasa sulit bagi sebagian dari anda, tetapi memakai makeup yang ringan hampir pasti dapat membantu mengontrol masalah jerawat. Bukan hanya bahan dalam produk sebagian besar makeup saja yang buruk bagi kulit anda, tapi menggunakan makeup sama saja artinya dengan menyentuh wajah anda, dan ini dapat menyebabkan munculnya jerawat. Jika anda memang harus memakai make-up, maka silahkan baca panduan cara berdandan natural (lihat Cara Berdandan Dan Make Up Cantik Alami) yang benar untuk tetap terlihat cantik yang telah saya bagikan juga sebelumnya dalam blog ini.

8. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung
Mendapatkan sedikit sinar matahari (khususnya sinar matahari pagi) memang diketahui dapat mengurangi masalah jerawat. Tetapi jika berlebihan, apalagi sinar matahari yang menyengat, maka ini akan menyebabkan kerusakan pada kulit anda. Karena itu, jangan lupa untuk selalu memakai tabir surya setiap hari, ini juga berlaku walaupun anda tidak terlalu banyak beraktivitas diluar ruangan. Selain menjaga kulit dari sinar uv, tabir surya juga membuat kulit anda tetap terhidrasi dengan baik.

9. Lakukan Olahraga Secara Rutin
Berolahraga setiap hari tidak hanya dapat membantu anda untuk terlihat dan merasa lebih baik, hal ini juga secara signifikan dapat membantu anda mengurangi frekuensi dari kemunculan jerawat. Olahraga membantu meningkatkan aliran darah pada tubuh, dan ini akan membuat kulit anda terlihat lebih sehat dan bercahaya. Selain itu, olahraga membuat anda mengkonsumsi lebih banyak air, yang pada gilirannya akan membantu pengeluaran racun yang menumpuk di kulit anda melalui keringat.

10. Hindari Stres Berlebih
Tetap tenang dan selalu merasa bahagia sebenarnya telah terbukti dapat membantu mengontrol masalah jerawat. Seringkali masalah jerawat akan muncul ketika seseorang mengalami stres atau khawatir tentang sesuatu secara berlebihan. Tidak hanya memicu kemunculannya, stres juga membuat jerawat menyebar lebih cepat. Karena itu cobalah untuk tetap tenang dan tidak terlalu memusingkan hal-hal kecil. Ini akan membantu anda untuk merasa dan terlihat lebih baik.

11. Makan Makanan Sehat
Pola dan menu makan yang buruk selalu dikaitkan dengan masalah jerawat. Walaupun banyak penelitian gagal untuk membuktikan hubungan langsung antara keduanya, namun para ahli kecantikan tetap sepakat jika diet yang sehat dapat membantu mencegah jerawat. Anda mungkin tidak tahu jika anda memiliki alergi kecil terhadap beberapa jenis makanan tertentu. Seperti halnya susu, walaupun itu baik dan sangat bermanfaat untuk tubuh, sebagian orang dapat mengalami masalah jerawat ketika minum susu dalam jumlah banyak. Apalagi jika makanan yang dikonsumsi itu adalah jenis makanan cepat saji, yang secara kesehatan saja sudah digolongkan dalam kategori buruk bagi kesehatan tubuh.

12. Berhenti Merokok Dan Minum Alkohol
Mudah-mudahan ini akan menjadi salah satu hal yang mudah bagi sebagian besar dari anda. Jika anda tidak pernah menyentuh keduanya, maka jangan pernah untuk memulainya. Rokok dan minuman beralkohol adalah 2 hal yang menyebabkan dehidrasi kulit, dan ini akan membuat kulit menjadi rentan dengan jerawat, disamping kerugian yang lainnya. Membuang kebiasaan buruk dari rutinitas keseharian anda akan sangat membantu kulit untuk tetap terlihat cerah dan sehat.

13. Minum Air Putih
Saya sudah sempat menyinggung mengenai khasiat air putih pada beberapa poin sebelumnya. Bagi anda yang belum menyadarinya, minum air putih dalam jumlah yang cukup adalah rahasia kecantikan alami yang paling mudah dan murah yang diketahui paling efektif. Minum air tidak saja akan menghidrasi kulit anda, tetapi juga membantu menghilangkan semua racun dari tubuh anda (yang beberapa diantaranya mungkin menjadi penyebab dari jerawat).

14. Bersihkan Ponsel Anda
Penelitian terbaru telah mengungkapkan jika ternyata ponsel dikatakan menjadi salah satu penyebab dari jerawat. Mungkin anda tidak percaya, tapi ini adalah fakta yang sangat masuk akal. Kebanyakan dari kita menghabiskan waktu berjam-jam pada ponsel setiap hari. Dan selama itu pula jari-jari kotor kita bersentuhan dengan ponsel. Ketika anda menggunakan ponsel dan bersentuhan langsung dengan kulit wajah anda, maka kuman yang menumpuk di ponsel anda akan berpindah ke kulit wajah. Hasil akhirnya tentu sudah dapat anda tebak sendiri bukan?

15. Tidur Secara Terlentang
Ini juga merupakan hal sederhana yang cukup mudah untuk dipraktekkan. Tidur secara terlentang adalah cara yang efektif untuk menjaga jerawat tidak muncul kembali. Tidur telentang berarti membuat wajah anda bebas dari menempel di kain bantal dan bebas dari jari dan tangan. Menjaga kulit wajah anda tidak tersentuh oleh apapun pada malam hari akan membantu mencegah pembentukan jerawat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 15 Cara Terbaik Untuk Mencegah Jerawat