Cara Meningkatkan Daya Ingat dengan Cepat

Cara Meningkatkan Daya Ingat – Apakah Anda akhir-akhir ini sering lupa? Pada dasarnya otak sama halnya dengan organ lain, dimana ia memerlukan latihan khusus agar mampu mengingat-ingat banyak hal sekaligus. Inilah alasan kenapa seorang pepatah mengatakan “otak ibarat pisau, semakin diasah akan semakin tajam”.
Cara Meningkatkan Daya Ingat dengan Cepat
Cara Meningkatkan Daya Ingat dengan Cepat

Selain jarang dilatih, penyebab lupa ingatan juga bisa terjadi karena stres dan kondisi lain. Penyakit lupa tidak hanya menyerang para lansia saja, tetapi remaja dan bahkan anak-anak pun juga bisa mengalaminya. Berikut beberapa cara meningkatkan daya ingat dengan cepat yang bisa Anda coba.

Cara Mudah Meningkatkan Daya Ingat dengan Cepat


1. Jangan pernah berhenti belajar
Carilah topik yang menarik dan sesuai dengan minat Anda. Terus ikuti perkembangan topik tersebut hingga paling terupdate. Bila memungkinkan, Anda bisa bergabung dengan kelompok-kelompok tertentu yang memiliki minat sama kemudian berdiskusi.

Membaca, mengikuti kuliah, program, informasi televisi, dan internet merupakan sumber pendidikan berkelanjutan yang cukup baik untuk membangun daya ingat Anda. Bahkan ingatan tersebut nantinya juga akan mendatangkan keuntungan bagi diri sendiri.

2. Menjalin hubungan sosial dan keluarga
Manusia pada dasarnya terlahir sebagai mahluk sosial. Semakin tinggi sosial Anda, maka akan semakin baik untuk daya ingat. Mengisolasi diri dari lingkungan hanya akan membuat sistem otak semakin buruk. Ini sudah dibuktikan oleh banyak penelitian dari ahli ternama.

Silaturahmi tidak ada salahnya. Anda bisa memulai hubungan sosial dengan cara terjun ke organisasi-organisasi masyarakat. Misalnya bergabung ke organisasi karang taruna setempat, menjadi relawan untuk memberikan bantuan, mengikuti seminar-seminar, dan sebagainya.

3. Mengembangkan kebiasaan baru
Menurut penelitian, kebiasaan baru yang kita lakukan akan membentuk hubungan saraf baru dalam otak. Semain banyak hubungan saraf baru dalam otak, maka akan semakin baik untuk daya ingat Anda.

Ada banyak kebiasaan baru yang bisa Anda lakukan. Contohnya seperti menggunakan mouse dengan tangan kiri, berjalan dengan mata tertutup, menulis menggunakan tangan kiri, memainkan hp dengan tangan kiri, dan sebagainya.

4. Latih pikiran dengan permainan-permainan
Semakin sering Anda melatih otak, maka akan semakin cerdas otak tersebut dalam mengingat informasi. Tak perlu latihan berat, cukup dengan melatih otak sambil bermain saja sangat efektif meningkatkan daya ingat.

Anda bisa memilih permainan asah otak sesuai minat. Misalnya seperti catur, teka-teki, rubrik, sudoku, dan masih banyak lagi. Semakin jago Anda memainkannya, maka akan semakin bagus untuk otak.

5. Konsumsi makanan yang membantu meningkatkan daya ingat
Setiap makanan yang masuk dalam tubuh, pada dasarnya akan menentukan kondisi kita. Para peneliti sepakat bahwa makanan yang mengandung antioksidan dan tinggi vitamin akan membantu meningkatkan kecerdasan otak.

Oleh sebab itu, pastikan Anda selalu konsumsi makanan bergizi ya. Adapun makanan yang baik untuk daya ingat antara lain:

- Sayuran berdaun hijau, bayam, kubis, selada
- Brokoli dan kembang kol
- Ikan berlemak seperti salmon, sarden, mackerel
- Jus buah, buah
- Berbagai macam berry, buah delima
- Kacang-kacangan                                                                                                
- Minyak zaitun dan minyak nabati lainnya


Bagaimana, mudah bukan? itulah beberapa cara meningkatkan daya ingat yang bisa saya share pada kesempatan kali ini. Selamat mencoba!
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Meningkatkan Daya Ingat dengan Cepat

0 komentar:

Posting Komentar