Cara Memutihkan Lipatan dan Selangkangan Paha yang Berwarna Gelap

Kulit paha khususnya yang berada di bagian dalam sangat rentan sekali mengalami pigmentasi dan berwarna gelap. Hal tersebut bisa terjadi akibat berbagai kebiasaan seperti memakai celana dalam yang ukurannya terlalu kecil, sering menyabuni dengan sabun biasa hingga menghilangkan kelembaban alminya atau juga karena memakai celana jeans yang terlalu sempit.

Cara Memutihkan Lipatan dan Selangkangan Paha yang Berwarna Gelap
Cara Memutihkan Lipatan dan Selangkangan Paha yang Berwarna Gelap

Walaupun berada di bagian dalam dan tidak terlihat, tetap saja lipatan paha yang berwarna gelap ini harus diperhatikan karena percuma saja anda memiliki kulit wajah yang bagus yang putih dan cantik di luar, namun ternyata gelap dan tidak terawat pada bagian dalam. Untuk itulah diperlukan perawatan dan juga tips untuk memutihkan lipatan paha tersebut. Namun sebelum mengetahui bagaimana cara memutihkan lipatan dan selangkangan paha yang berwarna gelap berikut ini adalah beberapa penyebab hitamnya lipatan atau selangkangan paha. 

Penyebab Selangkangan Paha Berwarna Hitam

Bagian kulit yang berada di daerah lipatan memang sering tampak berwarna hitam, seperti ketiak, kulit siku, kulit lutut dan selangkangannya. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan area lipatan kulit tubuh menjadi gelap atau berwarna hitam, diantaranya adalah :

Sering Terkena Gesekan
Berada di bagian lipatan pastinya membuat kulit sering bergesekan, baik dengan kulit maupun dengan celana yang ketat,hingga tampak berwarna gelap dan kehitaman, 

Akibat Proses Mencukur
Biasanya pencukuran rambut yang dilakukan di daerah kemaluan termasuk pangkal paha yang menggunakan pisau cukur dapat menyebabkan kulit selangkangan menjadi hitam. Karena kulit tersebut sangat sensitif maka sebaiknya anda berhati-hati jika bercukur di area ini.

Kondisi yang Lembab
Kondisi area selangkangan biasanya lembab dan hal ini merupakan salah satu pemicu kulit menjadi gelap dan hitam. Kondisi yang lembab tersebut dapat mengakibatkan kulit menjadi gatal hingga orang akan menggaruk-garuk atau menggosok-gosok dan akan menimbulkan iritasi dan mengakibatkan selangkangan menjadi gelap.

Karena Jamur
Timbulnya jamur pada area di sekitar kulit selangkangan biasanya akibat kurang menjaga kebersihan dan area selangkangan yang dibiarkan basah. Jamur ini dapat menyebabkan rasa gatal yang bila digaruk maka akan menimbulkan noda hitam.

Karena Kegemukan
Orang yang menderita kegemukan atau obesitas pastinya memiliki paha yang besar yang dapat menyebabkan sering terjadinya gesekan kulit paha sehingga mengakibatkan selangkangan menghitam. 

Pengaruh Hormon
Ternyata hormon juga dapat mempengaruhi warna di lipatan paha, misalnya terjadi gangguan hormonal seperti gangguan kelenjar tiroid, walaupun hal ini jarang terjadi.

Pengaruh Usia
Dengan bertambahnya usia pigmen tubuh akan bertambah banyak. Tidak terkecuali pada pigmen di daerah selangkangan.

Itulah beberapa alasan atau penyebab yang dapat mengakibatkan hitamnya lipatan atau selangkangan pada bagian paha. Setelah mengetahui alasan menghitamnya selangkangan paha tersebut, berikut adalah tips cara memutihkan lipatan dan selangkangan paha yang berwarna gelap.

Tips Memutihkan Lipatan dan Selangkangan Paha yang Berwarna Gelap

Banyak  bahan alami yang dapat digunakan untuk membuat kulit pada lipatan paha menjadi putih kembail, diantaranya adalah:

Minyak Kelapa
Minyak kelapa murni memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan, termasuk dalam mengatasi hiperpigmentasi. Cara menggunakan minyak kelapa ini adalah dengan mengambil 3 sendok minyak kelapa, beri perasan air lemon lalu balurkan pada bagian kulit di lipatan paha yang berwarna gelap. Setelah itu pijat ringan dan biarkan hingga 20 menit. Bilas dengan air bersih dan lakukan secara teratur hingga kulit menjadi lebih cerah.

Yogurt
Salah satu produk hasil olahan susu ini juga sangat baik untuk memutihkan kulit. Caranya dengan mengambil 1 sendok yogurt lalu beri perasan air lemon dan oleskan hingga merata ke kulit pada lipatan paha. Setelah itu pijat-pijat dan bilas setelah 15 menit.

Madu dan Lemon
Anda juga bisa mengatasi lipatan kulit yang gelap dengan cara membuat masker dari madu dan lemon lalu beri sedikit gula pasir. Masker ini akan bermanfaat mengikis sel kulit kasar di permukaan kulit. Campur hingga rata bahan-bahan tersebut lalu balurkan ke kulit lipatan paha kemudian pujat dan scrub kulit matinya. Diamkan hingga meresap dan setelah seperempat jam bilas dengan air dingin.

Kentang dan Madu
Selain masker dari madu dan lemon, anda juga bisa membuat masker dari parutan kentang hingga halus lalu tambahkan madu. Gunakan masker ini pada lipatan paha. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Menggunakan Mentimun
Mentimun biasanya digunakan sebagai masker di wajah. Namun selain untuk wajah, mentimun juga dapat digunakan untuk memutihkan bagian kulit yang hitam karena mengandung banyak antioksidan. Cara menggunakan mentimun cukup mudah dengan memarut mentimun lalu usapkan parutan tersebut di kulit selangkangan. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air. Lakukan teratur 3 kali seminggu.

Itulah beberapa tips dan juga penyebab mengapa lipatan paha menjadi hitam, semoga tips ini bisa membantu dan selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Memutihkan Lipatan dan Selangkangan Paha yang Berwarna Gelap

2 komentar: