Cara Cepat Main Rubik 3x3

Setelah hampir sebulan tidak membuat artikel baru, akhirnya kali ini berkat jaringan yang sudah kembali normal dan juga semangat baru setelah lebaran. Kali ini saya akan membahas mengenai cara cepat main rubik 3x3. Permainan yang waktu itu sempat buming ini memang dapat dikatakan merupakan permainan yang sangat sederhana akan tetapi sebetulnya sangat ribet untuk dapat diselesaikan. Permainan rubik sendiri merupakan sebuah permainan dimana permainan ini berbentuk kotak atau kubus dengan setiap sisi memiliki warna yang berbeda. Dan cara memainkannya adalah dengan membongkar rubik tersebut hingga warnanya menjadi tidak beraturan lalu kembali mulai menyusunnya hingga waenanya kembali sama pada setiap sisinya.

Cara Cepat Main Rubik 3x3

Permainan kubus rubik 3x3 dibuat dari plastik dan terdiri atas 26 kotak kecil yang dapat diputar pada poros yang terlihat. Tiap-tiap sisi dari rubik memiliki 9 permukaan yang terdiri dari 6 warna yang berbeda. Kubus rubik merupakan salah satu permainan teka-teki mekanik yang paling populer dimainkan. Selain itu juga kubus rubik tercatat sebagai mainan yang paling banyak terjual di dunia, dengan penjualan mencapai 300 juta kubus rubik.

Sejarah Rubik


Permainan Rubik ditemukan oleh Erno Rubik yang merupakan seorang jenius yang berasal dari Hunggaria. Erno rubik merupakan seorang seniman pahat sekaligus seorang profesor arsitektur yang lahir di Budapest, Hunggaria pada 13 Juli 1944. Ayah rubik merupaka seorang insinyur penerbangan sedangkan ibunya adalah seorang penyair. Latar belakang teknis arsitektur yang dimilikinya merupakan bakat dari sang ayah yang memang merupakan seorang teknisi dan bakat seni yang dimilikinya merupakan warisan dari sang ibu. 

sejarah rubik

Pada tahun 1974 Rubik berhasil membuat dan menyelesaikan prototipe permainan kubus rubik dalam rancangan 3 dimensi. Baru pada tahun 1977 permainan kubus rubik ini muali diproduksi masal dan pertama kali dijual di Budapest. Hingga demam kubus rubik ini menyebar  ke Eropa meskipun tanpa menggunakan iklan dan pada tahun 1980 permainan ini sudah sampai di Amerika Serikat. Hingga kini mainan ini masih menjadi demam di seluruh dunia

Tips Cepat Menyelesaikan Kubus Rubik 3x3


1. Pengenalan
Pada tahap ini adalah tahap yang harus dikuasai terlebih dahulu untuk bisa menguasai bagaimana cara menyelesaikan kubus rubik. Jadi untuk anda yang memang ingin mempelajari cara cepat bermain rubik anda harus memulainya dengan tahap ini.

Cara Cepat Main Rubik 3x3 

2. Cara Memutar Rubik
Setelah mengenal bagian rubik, tahap selanjutnya adalah cara memutar rubik. Tahap ini juga penting karena rubik harus diputar untuk dapat dimainkan. Memutar rubik menjadi wajib karena pada tahap ini sangat menentukan berhasil atau tidaknya suatu rumus karena jika rumusnya salah dan gagal maka otomatis rubis tidak dapat diselesaikan. Prinsip sederhananya adalah :


F = Front/depan yang berarti yang diputer pada bagian belakang searah jarum jam
B = Back/belakang 
Down = Under/bawah
U =Up/atas
R = Right/kanan
L = Left/kiri
Supaya lebih jelas silahkan perhatikan gambar di bawah ini


Catatan : Jika terdapat tanda petik maka diputar berlawanan arah jarum jam

3. Tahapan Membentuk Cross
Pada tahapan ini membentuk tanda cros pada sisi bagian bawah, dan cara pertama adalah dengan membuat gambar seperti pada gambar di bawah ini


Catatan : Sisi Kuning adalah sisi bagian bawah

4. Tahapan Menyelesaikan Sudut dengan Benar
Pada tahapan ini mungkin agak cukup sulit bagi pemula untuk dapat menyelesaikannya, tapi bukan berarti tidak bisa. Untuk itu cobalah untuk tetap sabar, fokus dan juga cermat dan pasti anda akan bisa menyelesaikannya. 
Rumus R,U,R'

Rumus L', U', L

Rumus R, U', R

Rumus L', U, L

Rumus R, U', R

5. Tahapan Menyelesaikan Layer ke-2
Pada tahapan yang satu ini dapat dikatakan bahwa tahapan ini adalah tahapan yang paling mudah dibandingkan dengan semua tahapan yang ada. Caranya dengan memindahkan edge sisi atas ke edge sisi samping.

Rumus U, R, U', R', U', F', U, F

Rumus U', L', U, L, U, F, U', F

6. Tahap Menyelesaikan Sisi Atas
Memasuki tahapan ini anda memang harus menggunakan rumus yang sama dan juga terkadang berulang-ulang. Sehingga pada tahapan ke-6 ini anda harus sabar dan coba perhatikan dengan teliti gambar di bawah.

Rumus F, R, U, R', U', F

Rumus R, U, R', R, 2U, R'

7. Tahap Terakhir
Pada tahapan ini adalah tahapan yang terakhir dan harusnya anda telah menemukan gambar seperti ini 

Rumus R, 2U, R', R, 2U, L', U, R', U', L



Prinsipnya adalah dengan memindahkan edge dengan jalur yang memutar kecuali edge bagian belakang, lebih mudah dengan memperhatikan gambar berikut.

Rumus 2F, (U/U', L, R', 2F, L', R, (U/U')
Catatan : Jika edge yang mau dipindahkan berlawanan arah jarum jam, maka (U/U) menggunakan U', jika searah jarum jam maka menggunakan U

Bagi anda yang masih bingung bisa langsung melihat video bagaimana cara memainkan rubik 3x3 berikut ini :


Semoga artikel mengenai cara cepat main rubik 3x3 ini bisa memberikan info bagi anda yang sedang pusing mencari cara memainkan rubik 3x3. 
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Cepat Main Rubik 3x3

10 komentar:

  1. Balasan
    1. sip jangan lupa sertakan sumber ya gan :)

      Hapus
  2. terimakasih gan buat infonya, ini lagi gue praktekin.

    web gratis

    BalasHapus
  3. rumus nya geh seperti rumus ikan rumus benteng dll please

    BalasHapus
  4. dulu bisa sekarang lupa

    BalasHapus
  5. bro gw masih belum paham ama tahap 4

    BalasHapus
  6. so life a live you will remember

    BalasHapus
  7. saya akan coba dmana saja, terimakasi ya

    BalasHapus
  8. Terima kasih banget fasal info rumusnya ,gammpeng bangat main kiub....

    BalasHapus